res

Desa Blimbing Gelar Kirab Hasil Bumi - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar PT Cakrawala Merdeka Mediatama Group Mengucapkan Selamat Hari Bhayangkara ke 78,1 Juli 2024

Breaking

Cakrawala Online Hari ini

Sebanyak 91 Atlit POPDA Jateng 2024 Dilepas Bupati Pemalang

19 Mei 2024

Desa Blimbing Gelar Kirab Hasil Bumi

 


Pemalang - Cakrawala Online, Minggu(19/5), Pihak Desa Blimbing Kecamatan Ampelgading menggelar tradisi  yakni:''Kirab Hasil Bumi''.


Kirab ini dilakukan sebagai ''Sedekah Bumi'' dan ''Bersih Desa''.


Moment Perdana ini, dimulai dengan iring-iringan hasil bumi yang dibentuk Naga dan gunungan.


Menurut anggota DPRD Kabupaten Pemalang dari Partai Golkar, yakni; Rismanto, disimbolkan Naga karena sebagai pembuka jalan.



''ini kan baru Pertama kali digelar, agar aman dan bisa berkelanjutan, maka disimbolkan Naga bertanduk sebagai pembuka jalan dan rangkaian hasil bumi yang ditata memanjang layaknya tubuh Naga agar tradisi ini bisa terus dilaksanakan,'' Ungkap Rismanto.


Arak-arakan yang memulai Start-nya di depan Balai Desa Blimbing, berjalan kaki menuju makam leluhur Desa Blimbing yaitu: makam Ki Rawan atau Raden Suro Menggolo, yang letaknya di tengah sawah tak jauh dari kantor Kades Blimbing.


''Warga desa Blimbing harus bersyukur dan bangga memiliki sesepuh desa seperti Kyai Rawan atau Raden Suro Menggolo yang telah ada di Desa Blimbing sekitar tahun 1.300-an akhir,'' Ucap Rabadi, Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Kabupaten Pemalang.


Lebih lanjut, Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Pemalang; Rabadi mengungkapkan bahwa dengan ''Pokir'' pihaknya berhasil mewujudkan keinginan warga desa Blimbing untuk membuatkan makam yang layak untuk Ki Rawan atau Raden Suro Menggolo.


''Alhamdulillah, sekarang keinginan warga terwujud,'' Ucap Rabadi.


Kades Blimbing;/Tresnoyoni, mengucapkan terima kasih pada Kedua wakil rakyat yakni: Rabadi dan Rismanto, keduanya sama-sama dari Partai Golkar.


''Atas nama warga desa Blimbing, kami mengucapkan terima kasih pada pak Rabadi dan pak Rismanto yang telah merealisasikan keinginan warga yang ingin membuatkan makam yang lebih layak bagi Kyai Rawan atau Raden Suro Menggolo dan kami akan berusaha menjaga serta meneruskan tradisi seperti ini,''  Janji Kades Blimbing; Trisnoyoni.


Dalam kesempatan itu, Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Kabupaten Pemalang; Rabadi berharap pihak desa bisa mengembangkan lagi areal disekitar makam untuk UMKM.


''Bisa sebagai 'Wisata Religi' sehingga perekonomian warga meningkat,'' Pungkas Rabadi.


Sebagai tambahan Informasi, di malam harinya pihak Desa Blimbing juga mengadakan Pagelaran Wayang.


*(Reporter: slametsbl)*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar