res

Momen TNI Manunggal Membangun Desa Ke-120 Ta 2024, Kodim 1614/Dompu Mengelar Penyuluhan Pengunaan Digital Manajemen Kewirausahaan - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar PT Cakrawala Merdeka Mediatama Group Mengucapkan Selamat Hari Bhayangkara ke 78,1 Juli 2024

Breaking

Cakrawala Online Hari ini

Warga Kampasi meci terima raskin masih minim.

27 Mei 2024

Momen TNI Manunggal Membangun Desa Ke-120 Ta 2024, Kodim 1614/Dompu Mengelar Penyuluhan Pengunaan Digital Manajemen Kewirausahaan




NTB-Dompu - Cakrawalaonline, Rangkaian kegiatan non fisik Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 120 ta 2024, Kodim 1614/Dompu menggelar kegiatan Penyuluhan Tentang Penggunaan Digital Manajemen Kewirausahaan. Yang dilaksanakan di Gedung Serba Guna Desa Madaprama Kecamatan Woja, Senin (27/05/2024) Pukul 09.00 Wita, 


Hadir pada kesempatan tersebut, Dandim 1614/Dompu yang diwakili Pasiterdim Lettu Inf Hamzah, Kepala Dinas Kominfo Ir. Ruslan dan Kabid Aptika Diskominfo Kabupaten Dompu Zainal Muttaqin S. IP, Kepala Desa Madaprama Ilham Spd, Babinsa Sertu Irfan, Babinkamtibmas Bripka Riyadi, dan para Kadus se-Desa Madaprama, serta sejumlah warga masyarakat setempat.


Pasiterdim Lettu Inf Hamzah saat membuka kegiatan itu menyampaikan harapan kepada para peserta agar memperhatikan dengan seksama materi yang disampaikan oleh para Narasumber agar dapat dipahami dan diterapkan manfaatnya.


Kadis Kominfo Kabupaten Dompu Ir. Ruslan menjelaskan, kewirausahaan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi peningkatan perekonomian Indonesia. 


"Kewirausahaan melalui Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) diharapkan dapat meningkatkan kreativitas dan kemampuan masyarakat Sumber Daya Manusia (SDM) dalam menyalurkan ide, gagasan dan kreasinya melalui pemanfaatan Sumber Daya Alam (SDA) yang tersedia," ujarnya.


Dikemukakan birokrat yang familiar disapa Dae Mpeo ini bahwa masalah yang kerap dihadapi para pelaku UMKM yaitu kendala dalam pemasaran secara online karena keterbatasan inovasi dan teknologi. 


"Untuk itulah sehingga kegiatan ini dilaksanakan agar para pelaku usaha mampu menguasai teknologi dan bisa memanfaatkannya untuk mempromosikan usaha bisnisnya," jelas mantan Kepala Bappeda dan Litbang Kabupaten Dompu itu.


Pada kesempatan yang sama, Kabid Aptika Zainal Muttaqin menerangkan untuk menghadapi tantangan zaman di masa depan, pelaku UMKM harus memiliki kemampuan menganalisis kebutuhan pelanggan dan memberikan pelayanan berbasis teknologi informasi.


"Kemampuan menganalisis diperlukan untuk mengetahui apa permasalahan dan kebutuhan masyarakat saat ini sehingga hal tersebut dapat menjadi peluang usaha", ungkapnya.


Dalam situasi yang penuh ketidakpastian saat ini, sambungnya, pertumbuhan ekonomi melambat, maka pelaku UMKM harus jeli memanfaatkan teknologi digital untuk memasarkan usahanya agar cepat berputar.


"Mau tidak mau kita harus mengikuti perkembangan zaman, tidak bisa lagi kita mengikuti cara-cara yang dulu, sekarang ini zaman digitalisasi, yang diperlukan keahlian yang mumpuni yang melek teknologi digital," paparnya sembari berharap melalui penyuluhan tersebut dapat memberdayakan peserta dengan keterampilan yang diperlukan untuk berhasil dalam era bisnis digital yang terus berkembang saat ini.


Ia juga berharap agar Digital Entrepreneurship Academy dapat menjadi wadah bagi para pelaku usaha dan calon pelaku usaha UMKM untuk mengasah keterampilan mereka dalam pemasaran digital dan manajemen operasional bisnis. 


"Kami berharap agar kalangan pelaku UMKM di Kabupaten Dompu ini memanfaatkan teknologi informasi untuk mendukung kemajuan bisnis yang ditekuni. Tren bisnis online atau daring (dalam jaringan) kini seharusnya menjadi peluang usaha yang dapat dimaksimalkan karena memberikan banyak kemudahan kepada UMKM," ulasnya.


Kegiatan diakhiri dengan Penyerahan Piagam penghargaan dari Kodim 1614/Dompu Kepada Kadis Kominfo Kabupaten Dompu Ir. Ruslan.(zun)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar