res

Babinsa Desa Taropo Koramil 1614-04/Kilo, Sukseskan Prosesi Acara Nyongkolan Warganya - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar PT Cakrawala Merdeka Mediatama Group Mengucapkan Selamat Hari Bank Indonesia 5 Juli 2024

Breaking

Cakrawala Online Hari ini

Kodim 1614/Dompu adakan kampanye penerimaan prajurit TNI AD -2024.

16 Juni 2024

Babinsa Desa Taropo Koramil 1614-04/Kilo, Sukseskan Prosesi Acara Nyongkolan Warganya



NTB-Dompu-Cakrawalaonline, Dalam acara nyongkolan pernikahan warga di Dusun Makarti Desa Taropo Kecamatan Kilo Kabupaten Dompu. Selaku Babinsa Desa Taropo, Serda Dahlan menghadiri acara Nyongkolan di Dusun Makarti, Minggu (16/06/2024) Pukul 09.30 Wita.


Nyongkolan adalah sebuah kegiatan adat yang menyertai rangkaian acara dalam prosesi perkawinan pada suku Sasak. Kegiatan ini berupa arak-arakan pasangan Pengantin dari rumah mempelai pria ke rumah mempelai wanita, dengan diiringi semua keluarga dan kerabat mempelai pria, memakai baju adat, serta rombongan musik gamelan atau kelompok penabuh rebana, atau disertai gendang beleq pada kalangan bangsawan. Dalam pelaksanaannya, karena faktor jarak, maka prosesi ini tidak dilakukan secara harfiah, tetapi biasanya rombongan mulai berjalan dari jarak 1-0,5 km dari rumah mempelai wanita.


Tujuan utama filosofis dari prosesi ini adalah untuk memperkenalkan pasangan mempelai tersebut ke masyarakat umum, terutama pada kalangan kerabat maupun masyarakat di mana mempelai perempuan tinggal, karena biasanya seluruh rangkaian acara pernikahan dilaksanakan di pihak mempelai laki-laki.


Sebagian peserta dalam prosesi ini biasanya membawa beberapa benda seperti hasil kebun, sayuran maupun buah-buahan yang akan di bagikan pada kerabat dan tetangga mempelai perempuan nantinya. Pada kalangan bangsawan urutan baris iring-iringan dan benda yang dibawanya memiliki aturan tertentu.


Hingga saat ini Nyongkolan masih tetap dapat ditemui di komunitas masyarakat yang berasal dari Pulau Lombok itu meski kini sudah berdomisili di Kabupaten Dompu. Iring-iringan suara gendang ini menarik masyarakat untuk menonton.(Zun)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar