res

Dandim 1614/Dompu ikut Pawai Obor bersama Pemda Dompu dan Masyarakat Damka Hari Raya Idul Adha 1445 H/2024 M - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar PT Cakrawala Merdeka Mediatama Group Mengucapkan Selamat Hari Bank Indonesia 5 Juli 2024

Breaking

Cakrawala Online Hari ini

Kodim 1614/Dompu adakan kampanye penerimaan prajurit TNI AD -2024.

17 Juni 2024

Dandim 1614/Dompu ikut Pawai Obor bersama Pemda Dompu dan Masyarakat Damka Hari Raya Idul Adha 1445 H/2024 M

 


   Dompu-Cakrawalaonline, Pada hari Minggu tanggal 16 Juni 2024, pukul 20.20 Wita, Bertempat di depan kantor Bupati Dompu Jln Beringin No 01 Kel Dorotangga Kec Dompu Kab Dompu, telah berlangsung pawai obor oleh Pemda Kab Dompu bersama Masyarakat dalam rangka menjelang Hari Raya Idul Adha 1445 H/2024 M. Dengan melibatkan seluruh pejabat Lingkup Pemkab Dompu/ASN masing masing OPD, siswa SLTP/SLTA di wilayah kec Dompu Toga Toma dan Toda serta masyarakat umum dengan jumlah sekitar 1000 orang lebih.


Kegiatan pawai obor dihadiri oleh pejabat 

Wakil Bupati Dompu H. Syahrul Parshan ST.MT.

 Dandim 1614/Dompu Letkol Kav. Riyan Oktiya Virajati S.T, MT.

Kapolres Dompu AKBP Zulkarnain SIK.

Sekda Kab. Dompu Gatot Gunawan Perantauan Putra SKM. M.Kes.

Kepala Kemenag Dompu Drs. H. Samsun Ilyas H. Kasim M.Si.

Ketua MUI Dompu Drs. H. Muhammad Nasuhi.

 Seluruh pimpinan OPD Kabupaten Dompu.

 Pasi intel kodim 1614/Dompu Kapten Inf Adisan.

Pasi pers kodim 1614/Dompu kapten Czi Arif Budimansyah.

 Danramil 1614-01/Dompu Kapten Kav. M Kasim.

 Pasi ops kodim 1614/Dompu Lettu Inf Ishaka.

Camat Dompu Muhammad Iksan S.T.

Kaban Kesbangpol Dompu Ardiansyah SE.

 Kabag Ops Polres Dompu AKP Syamsul Rijal.

 Toga,Tomas, Topem dan Masyarakat Kab. Dompu.

Rute Pawai Obor Sbb,;

- Star Depan Pendopo Bupati Dompu, Menuju Cabang DPRD Dompu, Menuju Depan Polres Dompu, Menuju Mesjid Raya Baiturrahman, Menuju Kelurahan Bali satu, selanjutnya menuju Taman Kota Dompu selanjutnya menuju Finish depan Pandopo Dompu.

Adapun Rangkaian kegiatan dilanjutkan Persiapan pelepasan peserta pawai obor dilanjut dengan Sambutan Wakil Bupati Dompu H.Syahrul Parshan S.T M.T.yang intinya.

   Idul Adha bermakna suatu keteladanan dari Nabi Ibrahim Alaihissalam, merupakan pesan simbolik agama, yang menunjukkan ketaqwaan, keikhlasan, dan kepasrahan seorang hamba yaitu Nabi Ibrahim Alaihissalam pada Titah Sang Pencipta Allah SWT. Esensi dari Idul Adha merupakan momentum untuk memperbaiki hubungan, baik sesama manusia dan hubungan dengan Allah SWT. Inilah hari besar kemanusiaan dan keimanan, yang ditandai dengan syi'ar penyembelihan hewan kurban, untuk mengenang peristiwa sakral pengorbanan Nabi Ibrahim AS.


 Sesuai dengan tema Idul Adha yang diangkat panitia pelaksana pada tahun ini yakni "dengan idul adha 1445 H/2024 M kita tingkatkan ketaqwaan dan kepedulian kepada sesama", tema ini bermakna hari raya qurban memiliki dua makna penting sekaligus. pertama, makna ketaqwaan manusia atas perintah sang khalik. kedua, makna sosial, di mana Rasulullah melarang kaum mukmin mendekati orang-orang yang memiliki kelebihan rezeki, akan tetapi tidak menunaikan perintah kurban. Sebagaimana sabda Rasulullah: Barangsiapa yang telah dilapangkan (rezekinya ) lalu tidak melakukan kurban, maka janganlah mendekati tempat shalatku pintah wabub. dalam konteks itu, Nabi bermaksud mendidik umatnya agar memiliki kepekaan dan solidaritas tinggi terhadap sesama. Kurban adalah media ritual, selain zakat, infak, dan sedekah.


 Pada kesempatan tersebut Wabub Dompu H.Syahrul Parsan S.T.M.T menghimbau masyarakat Kabupaten Dompu, untuk tidak perlu khawatir dalam berkurban, dan memakan dagingnya, karena hewan qurban di Kabupaten Dompu Insya Allah bebas dari penyakit mulut dan kuku (PMK) dan lain-lain. Vaksinasi yang dilakukan kepada hewan ternak terutama sapi, agar penularannya dapat diantisipasi. untuk hewan qurban yang datang dari luar daerah, kita juga telah mengantisipasi di pintu-pintu masuk dengan melakukan pemeriksaan, dan menandai hewan yang sehat dengan kalung khusus. Kabupaten Dompu pada tahun ini produktivitas populasi ternak terutama sapi potong meningkat, dan alhamdulillah beberapa hari yang lalu telah dilakukan pengiriman ke luar daerah lewat darat dan jalur tol laut.


  Kemudian keberhasilan program inseminasi buatan terhadap produktifitas peternakan sapi juga memberikan nilai tambah bagi petani dalam usaha tani peternakan di dompu. dengan inseminasi telah mampu menghasilkan sapi-sapi berkualitas, dan dengan pemberian pakan yang intensif juga mampu meningkatkan berat badan sapi yang pada gilirannya mampu menambah nilai ekonomi dan pendapatan masyarakat. hal ini merupakan implementasi dari program Jara Pasaka sektor peternakan demi mewujudkan Dompu mashur (mandiri, sejahtera, unggul dan religius).


   Wabub mengajak sama-sama berdoa untuk saudara- saudara kita yang sedang berada di tanah Suci dalam menunaikan ibadah Haji. Semoga saudara-saudara kita tersebut senantiasa diberikan kesehatan, keselamatan, perlindungan, dan kemampuan untuk menunaikan seluruh rangkaian ibadah Haji dan Umrah serta kembali ke tanah air dengan selamat dan menjadi haji yang mabrur dan mabrurah. 


Sebelum Wabub Dompu menutup sambutanya mengingat penyelenggaraan dompu expo di waktu dekat yaitu tanggal 24 sampai 29 juni 2024 di lapangan Karijawa Kecamatan Dompu, saya mengajak semua pihak mensukseskan kegiatan tersebut, serta ambil bagian memeriahkan kegiatan dimaksud dan mempublikasikan kegiatan tersebut lewat platform media sosial, baik itu facebook, twitter dan instagram. Keberhasilan penyelenggaraan Event Dompu Expo merupakan tanggung jawab kita semua tanpa dukungan dan support dari kita tuan rumah penyelenggaraan Event Akbar ini tidak akan sukses terlaksana.

   Demikianlah Sambutan yang sampaikan, kepada kaum muslimin dan muslimat yang di muliakan Allah S.W.T., Wabub secara pribadi, keluarga dan atas nama pemerintah Kabupaten Dompu beserta segenap jajaran mengucapkan : "Selamat hari raya Idul Adha 1445 Hijriyah 2024 Masehi". Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kekuatan Iman dan Taqwa serta kemudahan kepada kita dalam membangun Kabupaten Dompu menjadi daerah yang baldatun toyyibatun warrabun ghafur yang diberkahi dan di rahmati oleh SWT.

   Kegiatan pawai keliling Pelepasan dilakukan oleh Bupati Dompu H.Syahrul Parsan S.T..M.T.


 Rombongan pawai obor tiba di Finish Pendopo Bupati Dompu.

    Kegiatan pawai obor yang dilaksanakan secara rutin setiap tahun menjelang Idul Adha oleh pemda Dompu, sekaligus menandakan bahwa besok hari Senin tanggal 17 Juni tahun 2024, dapat dilaksanakan sholat idul adha 1445/H tahun 2024 M, sesuai hasil isbath oleh pemerintah pusat(zun).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar