res

Dandim 1614/Dompu hadir penutupan Dompu Expo tahun 2024. - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar PT Cakrawala Merdeka Mediatama Group Mengucapkan Selamat Hari Bank Indonesia 5 Juli 2024

Breaking

01 Juli 2024

Dandim 1614/Dompu hadir penutupan Dompu Expo tahun 2024.

 


Dompu-cakrawalaonline, Kegiatan Dompu Expo yang berlangsung 7 hari, 24-30 Juni 2024 di Lapangan Karijawa ditutup secara resmi oleh Bupati Kader Jaelani, Minggu malam (30/6/24).


Penutupan dihadiri oleh Wakil Bupati Dompu Syahrul Parsan, Ketua DPRD Andi Bachtiar, Dandim 1614/Dompu Letkol Kav. Riyan Oktiya Viradjati, Kapolres Dompu AKPB Zulkarnain, dan para pimpinan OPD, BUMN, dan masyarakat umum lainnya.


Hadir pula utusan khusus Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Titik Wahyuni, Pejabat Struktural dan Fungsional, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat, pelaku UMKM dan insan pers baik cetak maupun elektronik.

Bupati Dompu H. Kader Jaelani dalam sambutannya mengatakan atas nama pribadi dan pemerintah Kabupaten Dompu menyampaikan apresiasi, rasa bangga dan bahagia atas digelarnya event tersebut. 


"Mulai dari pembukaan sampai penutupan, tampak seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Dompu dari berbagai kalangan, berbagai latar belakang profesi, datang menghadiri dan memeriahkan," ujarnya.


Bupati juga menyampaikan rasa puas atas pencapaian beberapa OPD selama tiga tahun terakhir.


"Lewat talk show kami telah memaparkan pencapaian selama 3 tahun kepemimpinan kami," ucapnya.


Bupati mengemukakn seperti dari Dinas Perumahan dan Permukiman sudah banyak kawasan kumuh di Kabupaten Dompu yang ditata, Dinas Koperasi dan UKM dengan munculnya ribuan wirausahawan baru, Dinas Perindustrian dan Perdagangan diresmikan rumah produksi Woko Kretek du Kecamatan Pajo, Disnakeswan bertambahnya populasi hewan ternak terutama sapi tiap tahun dan Dinas Kelautan dan Perikanan ditunjukkan dengan banyakng hasil tangkapan ikan oleh nelayan di perairan wilayah Kabupaten Dompu yang di ekspor keluar Negeri .


“Lewat paparan yang disampaikan pimpinan OPD, sudah banyak visi misi Pemda Kabupaten Dompu yang dicapai yang dituangkan dalam RPJDM tahun 2021-2026,” ungkapnya


Menutup sambutannya Kader Jaelani melihat antusias yang sangat tinggi atas pegelaran Dompu Expo.


"Saya berharap nantinya event ini bisa akan terus diadakan setiap tahunnya. Karena selain ajang promosi UMKM, Dompu Expo diselenggarakan sebagai upaya dalam mensosialisasikan kinerja Pemerintah Daerah beberapa tahun terakhir,” ulasnya.

Sebelumnya utusan khusus Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Titik Wahyuni dalam paparannya mengapreaiasi kegiatan Dompu Expo. 


"Kegiatan seperti ini tentunya menghibur masyarakat, selain unuk mempromosikan daerah juga mendukung pertumbuhan ekonomi dari hulu sampai hilir," jelasnya.


Titik Wahyuni menerangkan Kemenprakeraf ada bagian tersendiri membidangi Khatulistiwa Event Nusantara (KEN). Saat ini di Indonesia ada sudah ada 100 event yang ditangani. Salah satu syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan event KEN, Pemda/Pemkot harus menyelenggarakannya minimal 5 tahun berturut-turut.


“Melihat ekspetasi masyarakat yang sangat tinggi akan event Dompu Expo, saya yakin dan Percaya Pemkab Dompu bisa menyelenggarakanya secara berkelanjutan,” ungkapnya.


Sementara itu kesempatan yang sama Sekda Dompu Gatot Gunawan PP selaku Ketua panitia pelaksana dalam laporannya menyampaikan berbagai kegiatan yang dilaksanakan selama pelaksanaan Dompu Expo.

Kegiatan dimaksud seperti Festival Kopi Tambora yang menyajikan 1000 kap kopi tambora dirangkaikan dengan agenda Lomba Coro Kahawa Tambora, Festival Kuliner Jarapasaka yaitu kuliner yang berasal dari olahan ikan sebanyak 3000 porsi dan beef steak (sapi lamtoro) sebanyak 600 porsi, dan Festival Timbu yang menyajikan 2000 porsi timbu dan dahi


“Semua yang disajikan gratis seluruhnya kami sajikan gratis,”katanya. 


Gatot Gunawan menambahkan total jumlah transaksi keuangan selama pagelaran yang berlangsung selama 7 hari diangka anggka 1,2 milyar rupiah. Sedangkan pada pembukaan event parade karnaval Muna Pa’a dikuti masyarakat di delapan Kecamatan Se-Kabupaten Dompu menghadirkan kurang lebih 12.000 peserta.

"Selama pelaksanaan sampai dengan penutupan hari ini tercatat lebih dari 25 ribu lebih pengunjung dan kurang lebih sebanyak 80 UMKM dan IKM ikut ambil bagian dalam perhelatan ini," sebutnya.

Dilanjutkan Sekda, Pemerintah Kabupaten Dompu lewat perangkat daerah terkait juga membuka berbagai layanan umum bagi pengunjung yang dapat diakses oleh masyarakat diluar jam kantor. Layanan-layanan yang diberikan di antaranya cek kesehatan, pengurusan perizinan, layanan kependudukan, layanan konsultasi dan lainnya. 


“Setidaknya sebanyak 3000 orang memanfaatkan Dompu Expo dalam mengakses layanan-layanan tersebut,” tutup Sekda. (Zun).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar