res

Cara Aman Berinteraksi Online Menggunakan Verifikasi Biometrik - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar PT Cakrawala Merdeka Mediatama Group Mengucapkan Selamat Hari Bank Indonesia 5 Juli 2024

Breaking

03 Mei 2020

Cara Aman Berinteraksi Online Menggunakan Verifikasi Biometrik

Saat masa digital ini, terutama di tengah masa Social Distancing, transaksi tanpa tatap muka sudah lebih umum dilakukan dan hampir menjadi budaya. Mulai dari transaksi pembelian makanan, busana, handphone, kendaraan bahkan sampai pada pencarian pembantu rumah tangga, pengemudi, guru privat, jasa pindahan dan sebagainya. Para calon pembeli barang ataupun jasa tersebut tentunya ingin memastikan terlebih dahulu bahwa orang yang berkomunikasi dengan mereka adalah orang yang sebenarnya.

Hal ini diperlukan untuk menghindari penipuan dan meningkatkan rasa aman dan nyaman pada proses berinteraksi untuk terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Aplikasi Saya ASLI merupakan sebuah mobile apps yang dirancang dengan menggunakan teknologi Face Recognition dan Liveness Detection sebagai alat verifikasi seseorang melalui pengambilan foto selfie dan kartu identitas (KTP, SIM dan Paspor).

Penggunaannya yang mudah membuat applikasi ini dapat digunakan oleh siapa saja yang membutuhkannya dan saat ini Saya ASLI dibuka untuk umum dan dapat digunakan secara cuma-cuma. Bila calon pembeli ragu terhadap penjual, calon pembeli dapat langsung mengirimkan link www.sayaas.li kepada penjual tersebut untuk melakukan verifikasi terlebih dahulu.


Link dapat dikirimkan melalui pesan teks seperti SMS, WhatsApp, WeChat, Telegram atau sosial media lainnya. Penjual tersebut dapat langsung melakukan verifikasi dari link yang diterima dan membagikan hasil verifikasi kepada pembeli melalui pesan teks. Pembeli akan menerima hasil verifikasi dalam bentuk foto selfie, tanggal, waktu dan jenis kartu identitas yang digunakan penjual saat melakukan verifikasi.

ASLI RI, perusahaan yang bergerak di bidang sistem biometrik verifikasi memperkenalkan aplikasi bernama Saya ASLI. ASLI RI menghadirkan solusi ini secara gratis dalam rangka mendukung Social Distancing dan Work from Home untuk membantu masyarakat merasa lebih aman dalam berinteraksi secara online, baik untuk sosial maupun bisnis” ujar Robert Rompas, Komisaris ASLI RI dalam keterangannya.

Dengan keadaan yang luar biasa dibutuhkan solusi yang diluar kebiasaan. Mari kita ciptakan budaya transaksi yang lebih aman untuk membantu ekonomi Indonesia tetap bergerak pada masa pandemic Covid-19 sepert ini ASLI RI merupakan perusahaan skala internasional dan pada beberapa Lembaga Penegak Hukum Negara Republik Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar