res

Pertama kali Untuk Divaksin Sinovac, Adalah Tenaga Medis - Cakrawala Online

Breaking

Cakrawala Online Hari ini

Siapa Yang Paling Bertanggungjawab Dalam Tragedi Kanjuruhan ?

15 Januari 2021

Pertama kali Untuk Divaksin Sinovac, Adalah Tenaga Medis



Lahat - Cakrawalaonline, Siap-siap warga Kabupaten Lahat akan disuntik vaksin sinovac, dimana seluruh masyarakat yang akan disuntik tersebut sebanyak 326.393 orang, sesuai dengan sasaran vaksinasi yakni orang yang berumur 18 tahun hingga 60 tahun.


Hal tersebut sesuai dengan data dan hasil Koordinasi Persiapan Pelaksanaan Vaksinasi Covid 19 yang dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Lahat H. Haryanto bertempat di ruang rapat Opp Room Pemda Lahat, Kamis (14/1).


Plh Kepala Dinas Kesehatan Lahat Taufik M. Putra dalam laporannya menjelaskan bahwa vaksinasi tersebut dibagi menjadi 4 tahap. Pertama, akan diberikan kepada tenaga kesehatan. Kedua, kepada pelayan publik bersama masyarakat yang berusia 60 tahun ke atas. Ketiga, para pelaku usaha, dan yang terakhir untuk masyarakat secara keseluruhan.


"Sebanyak 716 tenaga vaksinator yang sudah dilatih akan disebar di 33 puskesmas dan 2 rumah sakit. Diharapkan seluruh instansi terkait dapat mendukung program ini,” jelas Taufik.


Wakil Bupati Lahat H. Haryanto .SE,MM,MBA  menginstruksikan kepada Kepala BPBD, untuk Cepat  memberikan sosialisasi kepada masyarakat akan pentingnya vaksinasi. Hal tersebut untuk meminimalisir terjadinya kesalahpahaman di tengah masyarakat.


"harus gencar melaksanakan sosialisasi, juga harus dijadwalkan masyarakat yang akan divaksin agar tidak terjadi berdesak-desakan datang ke fasilitas kesehatan (Puskesmas),” Tegasnya.


Di tempat yang sama, Kapolres Lahat AKBP Achmad Gusti Hartono, S.Ik menyampaikan, informasi dari Polda bahwa pengawalan dari dinas provinsi ke kabupaten akan dikawal oleh Polda, untuk itu pihaknya mengawal di Dinkes, yang perlu diperhatikan ialah pengawalan tentang pengawalan vaksin ini ke setiap puskes.


"Mohon dapat  dikoordinasikan, hari dan  tanggal pendistribusian vaksin dari gudang Dinkes ke Puskes-puskes," Tuturnya.


"Polres menurunkan Personil sebanyak  148 Personil untuk melakukan pengawalan di setiap puskes yang telah di tunjuk oleh Dinkes," lanjut nya.


Selain itu, Dandim 0405/Lahat Syawaf Al-Amin,SE.,M.Si menyampaikan bahwa pihak Kodim siap menyukseskan vaksinasi ini dibidang pengamanan dan pengawalan.


"Pengamanan pada saat pendistribusian dari Dinkes ke puskes dan pengamanan pada saat vaksinasi, itu yang diperintahkan dari MABESAD ke kami," pungkasnya.


Hadir dalam Rapat koordinasi ini, Wakil Bupati Lahat, Dandim 0405/Lahat, Kapolres Lahat, Ketua PN Lahat, Kejaksaan Lahat, BINDA Korwil 3, serta beberapa SKPD diruang lingkup Pemerintah Kabupaten Lahat. Akril

Tidak ada komentar:

Posting Komentar