res

Hari Jadi Grobogan Ke 295, Bupati Ziarah Ke Makam Leluhur - Cakrawala Online

Breaking

Cakrawala Online Hari ini

Siapa Yang Paling Bertanggungjawab Dalam Tragedi Kanjuruhan ?

27 Februari 2021

Hari Jadi Grobogan Ke 295, Bupati Ziarah Ke Makam Leluhur



Grobogan-Cakrawalaonline, Mengawali kegiatan peringatan hari jadi kabupaten Grobogan yang ke 295 Bupati Grobogan Hj.Sri Sumarni SH.MM melakukan kegiatan ziarah ke makam leluhur yang telah berjasa di kabupaten Grobogan, pada Kamis (25/2).


Bupati yang didampingi beberapa perwakilan Forkopimda Kabupaten Grobogan dan sejumlah pejabat OPD dilingkungan pemkab Grobogan berjalan dengan lancar meskipun hujan mengguyur dari pagi.


Bupati Grobogan dengan protokol kesehatan tetap semangat dalam menjalankan tradisi luhur yang selalu dilaksakan menjelang hari jadi kab.Grobogan. Meskipun pelaksanaan ziarah ke makam leluhur kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya karena masih pandemi sehinga meskipun kegiatan disederhanakan akan tetapi hikmah didalamnya masih terjaga dan penuh makna.


Bahkan peserta ziarahpun juga dibatasi serta menerapkan protokol kesehatan. Hari jadi Kab. Grobogan yang jatuh pada tanggal 4 Maret 2021 mendatang juga akan diperingati secara sederhana. Adapun tempat yang di ziarahi Bupati terdapat empat lokasi ziarah yang bisa dilaksanakan dalam satu hari. 


Ziarah yang  pertama dimulai dari makam Ki Ageng Tarub. Kemudian, dilanjutkan ke makam Ki Ageng Selo yang keduanya ada di Kecamatan Tawangharjo.


Setelah itu, ziarah berlanjut ke makam di Kelurahan Kuripan, Kecamatan Purwodadi. Terakhir, ziarah dilangsungkan di makam Pangeran Puger, Bupati Grobogan Pertama yang berada di Kelurahan/Kecamatan Grobogan, kemudian di Ki Ageng Getas Pendowo.


“Ziarah makam para leluhur Kabupaten Grobogan sudah menjadi tradisi dalam setiap peringatan Hari Jadi. Tujuan dari ziarah ini adalah untuk mempertahankan tradisi dan menghormati jasa-jasa perjuangan para leluhur dan mendoakan mereka,” Jelas Bupati Grobogan.


Dalam acara ziarah ini juga dilakukan pemberian santunan pada warga kurang mampu. Santunan diberikan secara simbolis pada beberapa perwakilan penerima guna mencegah adanya kerumunan. Ia menegaskan, peringatan momen hari jadi Kabupaten Grobogan tahun ini tetap akan dilaksanakan. Meski demikian, pelaksanaannya dilangsungkan secara sederhana menyesuaikan kondisi saat ini yang masih pandemi. Seperti dalam acara ziarah kali ini yang dilaksanakan dengan peserta terbatas serta menerapkan protokol kesehatan.


 “ Ritual peringatan hari jadi tahun ini tetap kita laksanakan. Namun, dalam pelaksanaannya diselenggarakan dengan sederhana dan peserta terbatas guna menghindari adanya kerumunan," terang Bupati Grobogan.  Ng


Tidak ada komentar:

Posting Komentar