res

Paruga Sante Calon Desa Persiapan - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar PT Cakrawala Merdeka Mediatama Group Mengucapkan Selamat Atas Dilantiknya Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka Sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI

Breaking

09 Februari 2021

Paruga Sante Calon Desa Persiapan



Dompu- Cakrawalaonline, Paruga Sante sebuah nama asli kampung yang tertua, sebagian dari Kecamatan Kempo tempo dulu.


Adapun nama Kampung halaman yang berasal dari latar belakang sejarah " yang di kenal " Perang Soriutu ". Ketiga kampung yang di kenal zaman dulu yakni ; Banggo, Soriutu dan Paruga  Sante.


Demikian cerita rakyat yang berasal dari Kempo Puasa yang saat ini sudah domisili di dusun Paruga sante, katanya tahun 1972-1982 hanya 3 titik kampung , yakni Paruga sante , Banggo dan Soriutu cetusnya.

  

 Tahun 1982-1992 datanglah warga Paruga Sante ini yang berasal dari etnis suku , ada dari Monta baru Kecamatan Woja , ada  yang berasal dari Kempo dan  Lombok .

   

Melirik sebuah rintisan sejarah Marjan mengangkat Nama " Paruga Sante " menjadi calon Desa Persiapan ujarnya, 2/2/21.

   

Ada 3 pilar penting katanya, membangun Desa persiapan : Pertama meningkatkan SDM yang handal , daya dukung sekolah Al Inayah, Arahmah, dan SMKN, Kedua meningkatkan sektor pertanian , dan Ketiga Meningkatkan ekonomi sejahtera masyarakat yang tertindas dari kemiskinan.  zun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar