res

Dua Orang Dilantik Jadi Dukuh Gebang dan Kanigoro - Cakrawala Online

Breaking

Cakrawala Online Hari ini

Kades taloko Kec.Sanggar Kab.Bima, Dialog Dengan Tokoh Pemuda

05 April 2021

Dua Orang Dilantik Jadi Dukuh Gebang dan Kanigoro


Biro DIY, Gunungkidul, Cakrawalamerdeka.com – Dua orang dilantik jadi Dukuh Gebang dan dukuh Kanigoro. Demikian telah dilakukan pelantikan dua dukuh itu oleh Suroso lurah kalurahan Kanigoro Kapanewon Saptosari kabupaten Gunungkidul DIY.


Acara pelantikan ini berlangsung di balai kalurahan Kanigoro pada hari Kamis Pahing tanggal 01-04-2021. Dihadiri oleh pejabat Kapanewon Saptosari dan pejabat DPPPAKBPMD Kabupaten Gunungkidul.


Seusai melantik dua dukuh itu, Suroso lurah Kanigoro dalam sambutannya mengungkan, mengucapkan selamat kepada dua dukuh baru. Diharapkan segera menyesuaikan diri di lingkungan birokrasi tingkat kalurahan.


“Dukuh berhubungan langsung kepada warga masyarakat. Segala perilaku dukuh jadi sorotan oleh warga masyarakat. Sehingga dukuh baru harus merubah sikap dan menyadari bahwa amanah berada di pundaknya,” jelasnya.


“Dukuh juga jadi contoh dalam sikap pergaulan di masyarakat. Maka harus berhati-hati dan menyesuaikan diri dalam kehidupan sehari-hari bersama masyarakat,” tambahnya.


Hal tersebut juga senada dengan yang diungkapkan oleh Panewo Kapanewon Saptosari, Jarot Hadiatmojo M.Si dalam sambutannya. Beliau mengungkapkan, mengucapkan selamat kepada dukuh terlantik.


“Anda harus menyadari betul amanah telah berada dipundaknya. Sehingga harus membedakan kemarin sebelum dukuh dan sekarang setelah dilantik jadi dukuh,” katanya.


“Jabatan dukuh termasuk jabatan publik, sehingga jadi sorotan masyarakat dan wartawan. Harus disadari jabatan dan amanah ini. Jangan dolanan jarik atau jangan bermain dengan selimut wanita. Agar dalam membawa amanah dukuh selamat, karena sekarang telah banyak yang kesrimpet jarik,” tambah panewu Saptosari.


Sisi lain juga diungkapkan oleh panewu tentang prospek dan potensi kalurahan Kanigoro Saptosari. Diantaranya tentang pemuda dan pemudi yang bagus dan cantik, juga tentang SDM dan SDA di kalurahan yang cukup potensial.


Berkait dengan SDM di Kanigoro semakin meningkat pendidikannya. Juga tentang alam di Kanigoro berkait obyek wisata semakin jadi andalan bagi pemerintah. Panewu sering memantau obyek wisata pantai Ngrenehan dan Nguyahan serta Ngobaran semakin banyak wisatawan, bahkan parkirnya hampir penuh. Ini bukti kehidupan semakin baik. (Sab)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar