res

LSM Cakrawala Merdeka Sebagai Penyalur Aspirasi Hak Rakyat - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar Redaksi Cakrawala Media Group Mengucapkan Selamat Hari Raya Idhul Fitri 1 Syawal 1445 H

Breaking

Cakrawala Online Hari ini

Anak SD di Tanggungharjo Grobogan Meninggal Akibat Terinfeksi Virus HIV/AIDS

15 April 2021

LSM Cakrawala Merdeka Sebagai Penyalur Aspirasi Hak Rakyat

Cakrawalaonline, Lembaga swadaya masyarakat (LSM) Cakrawala Merdeka sebagai wadah penyalur aspirasi hak  rakyat dan kewajiban masyarakat sebagai warga negara. Yang memiliki misi memberdayakan masyarakat agar menjadi kuat dan cerdas, supaya tidak mudah ditindas dan dibodohi oleh penguasa.


Sebagai sebuah lembaga yang sah, LSM Cakrawala Merdeka dengan Legalitas:  Akte Notaris No: 89.1311.1997TerdaftarNo:41/legs/1997/PN/Pwi.
Dan telah diperbaharui legalitasnya dengan
SK Menkumham RI No. AHU-0000552.AH.01.04.Tahun 2020
SKT Pemkab Grobogan No.220/161/2020.

Yang menjalankan kegiatannya antara lain sebagai  LBH/LSM, Penerbitan media massa, Lembaga studi anti korupsi, Lembaga pemantau penyelenggaraan negara, Penyelenggara diklat pemberdayaan ekonomi kerakyatan, Lembaga pendidikan formal dan non formal, dan lain-lain. Yang berkantor di Jl. Thamrin 2 No.4 Simpanglima Purwodadi Grobogan Jateng, dengan beberapa biro perwakilan di seluruh Indonesia.


Tugas Anggota LSM Cakrawala Merdeka

Setelah mendapatkan ID Card, anggota diberi tugas mensosialisasikan keberadaan lembaga Cakrawala Merdeka di daerah masing-masing dengan cara dan kemampuan masing-masing, misal: pemberitahuan kepada teman-teman maupun relasi tentang status anda saat ini yang sudah menjadi anggota Lembaga Cakrawala Merdeka, yakni sebuah lembaga yang bergerak di bidang penerbitan media, LBH, dan LSM, yang siap membantu siapapun untuk mengatasi masalah maupun berbagai kasus, termasuk melakukan liputan untuk pemberitaan.


Kemudian melakukan pemantauan berbagai kegiatan yang ada di daerahnya, yakni : memantau pelaksanaan pembangunan: proyek APBD, baik daerah, propinsi maupun pusat, baik yang proyek PL maupun LPESE. Proyek di pemerintahan desa, dari Dana Desa maupun sumber dana yang lain.

Pemantauan pelaksanaan pendidikan: SD, SMP maupun SLTA. Terkait pungli maupun proyek-proyek yang ada di sekolahan.

Serta melakukan pemantauan berbagai kegiatan penyelenggara pemerintahan yang lainnya.


Dari kesemua pemantauan tersebut jika ditemukan adanya pelanggaran, langsung dilaporkan kepada ketua untuk dilakukan langkah selanjutnya, yakni akan dilakukan somasi maupun investigasi lebih lanjut.


Anggota  harus mau membuka dan menerima aduan keluhan dari masyarakat tentang berbagai hal, kemudian berusaha membantu memberikan solusi dengan mengkoordinasikan dengan ketua maupun pengurus yang lain.


Anggota yang sekaligus menjadi tim advokasi LBH Cakrawala Merdeka juga bertugas membantu dan mencari klien. Baik untuk  dilakukan mediasi maupun melakukan gugatan di pengadilan. 


Kegiatan Baksos Yang Pernah Dilakukan


Dalam masa pandemi corona beberapa waktu yang lalu LSM Cakrawala Merdeka menyelenggarakan bakti sosial pembagian masker, handsanitazer, maupun pembagian sembako bagi masyarakat terdampak di beberapa tempat yang ada di kabupaten Grobogan.

Sebanyak 100 paket sembako diberikan kepada masyarakat yang terdampak.


Pembagian masker dan handsanitazer untuk warga masyarakat yang ada di kecamatan Purwodadi, kecamatan Klambu dan kecamatan Gabus. Ng

Tidak ada komentar:

Posting Komentar