res

Warga Ngalang Gedangsari Gembira Resmikan Sumur Bur - Cakrawala Online

Breaking

19 September 2021

Warga Ngalang Gedangsari Gembira Resmikan Sumur Bur



Biro DIY, Gunungkidul, Cakrawalamerdeka.com – Tiga titik Sumur Bor di padukuhan Karanganyar kalurahan Ngalang kapanewon Gedangsari hari Rabu 15-09-2021 diresmikan oleh Martono Iman Santoso S.Ip selaku panewu di kapanewon Gedangsari kabupaten Gunungkidul DIY.

 

Acara tersebut berlangsung di padukuhan Karanganyar tepatnya di wilayah RT 01-05 RW 05 padukuhan Karanganyar. Sebelah utara balai kalurahan Ngalang jalan menuju kapanewon Gedangsari. Tepat di wilayah padukuhan Karanganyar ada rambu penunjuk jalan arah Gunung Gentong masuk berada di wilayah peresmian sumur bur tersebut.

 

Saat diresmikan sumur bur itu airnya sudah menyala cukup deras. Sehingga warga padukuhan Karanganyar mengaku terasa puas. “Dari kami mewakili seluruh warga masyarakat padukuhan Karanganyar mengaku puas karena bantuan sumur bur ini telah menyala airnya. Sehingga kebutuhan air bersih dan kebutuhan untuk minum orang dan hewan dan pertanian bisa tercukupi,” ungkap warga padukuhan Karanganyar saat disaksikan oleh wartawan Cakrawala Perwakilan DIY untuk Biro Gunungkidul.

 

Demikian diakui Jumali dukuh Karanganyar bersama panewu Gedangsari beserta para pejabat dan para donatur yang meresmikan sumur bur itu bersama perwakilan warga masyarakat Karanganyar. Kegembiraan warga masyarakat terbukti setelah hadirnya sumur bur itu. Karena nampak bergembira setelah airnya betul-betul mengalir saat sibuka kran dari bak penampung air itu.

 

Saat diwawancarai oleh beberapa wartawan yang sempat meliput itu, Martono Iman Santoso S.IP turut bergembira pula karena usaha dan program kerjanya selama ini tercapai cukup memuaskan untuk kepentingan warga masyarakat di wilayah kapanewon Gedangsari, yang masih dipandang kekurangan air di musim kemarau dan selalu droping air untuk warga.

 

“Ini merupakan salah satu bukti bahwa Slogan Gedangsari Bangkit. Ternyata usaha kami tetap ada mereka turut peduli mengentaskan kemiskinan liwat kebutuhan air bersih untuk warga. Selama ini memang setiap musim kemarau selalu droping air ke masyarakat. Dengan pembuatan sumur bur di wilayah Gedangsari ini, semoga kedepan mampu tercukupi kebutuhan air bersih bagi masyarakat,” jelasnya.

 

Camat Gedangsari, jauh sebelumnya dalam masa tugasnya di Gedangsari selaku panewu merasa prihatin. Dipandang dan diamatinya bahwa di Gedangsari sering terjadi tanah longsor di musim penghujan. Selain itu di musim kemarau sering terjadi kekurangan air bersih untuk minum.

 

“Kalau hal tersebut berlangsung terus-menerus akan menyulitkan warga masyarakat. Kendala tersebut sulit untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat di wilayah Gedangsari. Karena juga di musim kemarau untuk minum atau beli air bersih harus jual kambing. Kalau kemaraunya lama bisa jual anak sapi untuk beli air bersih,” jelasnya.

 

Keprihatinan panewu dan jajarannya serta didukung oleh lurah serta pamong kalurahan termasuk tokoh masyarakat dan tokoh agama harus turut peduli mendukung Slogan Gedangsari Bangkit. Program panewu ini telah dicanangkan bersama pemerintah dan rakyat di wilayah itu. Sehingga untuk mengatasi kesulitan air bersih sampai di musim pandemi Covid-19 bulan September 2021 ini semakin tercukupi.

 

Untuk mengatasi bencana di wilayah kapanewon Gedangsari lambat laun harus diatasi secara cepat. Selain keberhasilan tersebut di atas panewu mengaku masih ingin terus meningkatkan pembangunan semua sektor di Gedangsari. “Kami tetap masih mengharapkan kepada pemerintah dan kepada investor atau donatur turut peduli mengatasi kesulitan di Gedangsari ini,” singkatnya. (Sab)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar