res

Wisuda STAIYO Ke 27 Digelar Sabtu 11-09-2021 - Cakrawala Online

Breaking

Cakrawala Online Hari ini

Siapa Yang Paling Bertanggungjawab Dalam Tragedi Kanjuruhan ?

15 September 2021

Wisuda STAIYO Ke 27 Digelar Sabtu 11-09-2021

 


Biro DIY, Gunungkidul, Cakrawalamerdeka.com – Wisuda STAIYO angkatan ke 27 sebanyak 58 orang. Uraiannya seperti diterangkan dalam WEB Admin kampus. Pada hari Sabtu, 11-09-2021 M / 04 Shafar 1443 H, Sekolah Tinggi Agama Islam Yogyakarta (STAIYO) melaksanakan Wisuda Sarjana Strata Satu (S-1) di Aula Utama Kampus STAIYO secara luring (offline) dengan menerapkan protokol kesehatan, undangan sangat terbatas dan tidak ada undangan bagi keluarga wisudawan/wisudawati.

Jumlah peserta wisuda sebanyak 58 orang, dengan sebaran masing-masing Program Studi yaitu Pendidikan Agama Islam (PAI) sebanyak 35 orang, Pendidikan Bahasa Arab (PBA) sebanyak 6 orang, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) sebanyak 4 orang dan Ahwal Syakhsiyyah (AS) / Hukum Keluarga Islam (HKI) sebanyak 13 orang. Sehingga total alumni STAIYO sampai wisuda angkatan ke 27 sebanyak 3.774 orang.

Wisuda angkatan 27 STAIYO dihadiri tamu undangan VIP yaitu Koordinator Kopertais III D.I.Yogyakarta / Rektor UIN Sunan Kalijaga Prof. Dr. Phil. Al Makin, S.Ag., M.A, beserta rombongan dari Kopertais yaitu Dr. H. Khamim Zarkasi Putro, M.Si. dan Muhammad Ridwan. Hadir pula Bupati Gunungkidul yang diwakili Sekda Kabupaten Gunungkidul yaitu Ir. Drajad Ruswandono, MT., dari PWNU D.I.Yogyakarta H. Fahmy Akbar Idris, SE., MM, dari  BPH STAIYO Dr. H. Ahmad Bahiej, SH., M.Hum, dari PCNU Gunungkidul yaitu Rois Syuriah Drs. K.H. Bardan Usman, M.Pd.I dan Pengurus Tanfidziyah H. Mukhotib, S.Ag., M.Pd.I.

Ketua STAIYO Diyah Mintasih, S.Pd.I., M.Pd memberikan Nominasi 10 (sepuluh) wisudawan / wisudawati kategori cumlaude terbaik yaitu Giyanti, S.Pd. dari Prodi PAI dengan IPK 3,67, Eni Nurhuda, S.Pd. dari Prodi PAI dengan IPK 3,63, Unik Alfi Sayidah, S.Pd. dari Prodi PAI dengan IPK 3,62, Reni Rahmawati, S.Pd. dari Prodi PAI dengan IPK 3,62, Ana Safitri, S.Pd. dari Prodi PGMI dengan IPK 3,58, Muhammad Alfin Rifai, S.Pd dari Prodi PGMI dengan IPK 3,51, Hasan Fauzi Akbar, S.Pd. dari Prodi PBA dengan IPK 3,57, Suranto, SH dari Prodi HKI dengan IPK 3,71, Sulasmi, SH dari Prodi HKI dengan IPK 3,70 dan Esti Rahayu, SH dari Prodi HKI dengan IPK 3,64.

Dari keseluruhan wisudawan /wisudawati yang memperoleh indeks prestasi tertinggi yaitu Suranto, SH dari Prodi HKI dengan IPK 3,71. Wisuda berjalan dengan hikmat dan dipandu oleh pasangan MC dosen STAIYO yaitu Suratiningsih, SE., M.Pd.I dan Ria Nurhayati, S.Pd.I., M.Pd.I., dan acara wisuda dibuka oleh Ketua Senat STAIYO Nurhidayatuloh, SEI., ME, dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Lagu Syubbanul Wathan, Lagu Mengheningkan Cipta, Pembacaan Ayat Suci al-Qur’an oleh M Agus Najib, S.Pd.I., M.Pd.I, Sambutan Ketua Senat Nurhidayatuloh, SEI., ME.

Sambutan Ketua STAIYO Diyah Mintasih, S.Pd.I., M.Pd, Sambutan Koordinator Kopertais Prof. Dr. Phil. Al Makin, S.Ag., M.A, Sambutan Bupati Gunungkidul H. Sunaryanta yang dibacakan Setda Ir. Drajad Ruswandono, MT. selaku Setda Pemerintah Kabupaten Gunungkidul dan Sambutan PWNU D.I.Yogyakarta H. Fahmy Akbar Idris, SE., MM. Dalam pernyataan sambutan di acara wisuda ini, mayoritas yang memberi sambutan menyatakan apresiasi kepada Senat dan pimpinan STAIYO yang telah mendidik mahasiswa hingga mampu dan berhasil memperoleh gelar sarjana.

Ucapan selamat dan sukses berkali-kali disampaikan kepada wisudawan/wisudawati yang hari ini lulus dan mengikuti wisuda, semoga ilmu yang diperoleh selama di STAIYO bermanfaat dan barokah. Menjadi alumni yang selalu ingat dengan almamater STAIYO dan siap berkiprah dalam membangun masyarakat dan bangsa, alumni yang tangguh, alumni yang tahan banting, unggul, cerdas, kompeten dan berdaya saya. Perjuangan saudara yang diwisuda belum selesai, silahkan lanjutkan cita-cita untuk lanjut studi S-2 bahkan S-3. Disampaikan bahwa STAIYO telah mencantumkan tekad untuk menjadikan “STAIYO sebagai kampus Islam dan kampus modern” dan melakukan berbagai kegiatan diantaranya : review dan perubahan kurikulum yang berbasis kompetensi, pengisian formasi dosen dan tenaga pendidikan, pendirian 14 lembaga penunjang pendidikan seperti “Pusat dan Studi Wisata Halal.

Pernyataan Koordinator Kopertais yang sekaligus Rektor UIN Sunan Kalijaga, menyatakan intinya “siap bekerjasama dengan kampus STAIYO di Wonosari dalam segala bentuk”. Sementara pernyataan sambutan Bupati  Gunungkidul menyatakan diantaranya “mari bersama-sama membangun Gunungkidul secara progresif, karena STAIYO adalah asset besar bagi Kabupaten Gunungkidul” dan pernyataan PWNU D.I.Yogyakarta yaitu “rasa bangga atas prestasi ini, karena wisuda ini – alumni-alumni ini – kampus STAIYO ini adalah asset NU yang sangat berharga nilainya bagi jam’iyyah Nahdlatul Ulama. Semoga anda semua bisa bertanggungjawab secara professional akademik, sosial di masyarakat dan sebagai kader idiologi NU yang harus selalu menguatkan dan menyebarkan “Ahlussunnah wal Jama’ah an-Nahdhiyyah (Aswaja An-Nahdhiyyah)”.

Setelah sambutan, acara wisuda dilanjutkan dengan prosesi pemindahan kuncir wisuda dan penyerahan Ijazah – transkrip nilai oleh Ketua STAIYO Diyah Mintasih, S.Pd.I., M.Pd didampingi Pembantu Ketua I Agus Suprianto, SH., SHI., MSI dan Para Ketua Program Studi yaitu Ana Dwi Wahyuni, S.Pd.I., M.Pd.I, Mustolikh Khabibul Umam, S.Pd.I., M.Pd.I, Daluti Delimanugari, S.Pd.I., M.Pd.I dan Ihyak, SHI., MHI. Setelah selesai acara wisuda diakhiri dengan pembacaan ikrar wisuda yang dipandu oleh Dety Rahmawati, S.Pd dan Pernyataan Kesan/Pesan oleh Suranto, SH dan terakhir do’a yang dipimpin Rois Syuriah PCNU Kabupaten Gunungkidul Drs. K.H. Bardan Usman, M.Pd.I. dan acara sidang terbuka senat STAIYO dengan agenda Wisuda angkatan 27 ditutup oleh Ketua Senat.

Sambutan bupati Gunungkidul, Sunaryanta secara tertulis yang disampaikan oleh Sekda Kabupaten diantaranya mengucapkan, Bismillahirrahmanirrahim, Assalamu’alaikum Warohmatullahi WabarakatuhHadirin dan Tamu undangan yang saya hormati, Wisudawan dan wisudawati yang berbahagia. Mengiringi hari yang penuh rahmat ini, marilah kita panjatkan syukur kehadirat Allah SWT, karena dengan perkenan-Nya, kita dapat hadir dan mengikuti rangkaian acara “Wisuda S-1 Periode ke-27 Sekolah Tinggi Agama Islam Yogyakarta (STAIYO) Tahun 2021” dalam nikmat kesehatan dan keselamatan serta optimisme kita untuk tetap selalu terjaga sehat di tengah masa pandemi covid-19 ini. Pertama-tama, atas nama Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, saya mengucapkan Selamat kepada segenap wisudawan/wisudawati yang telah berhasil menempuh proses pembelajaran dengan baik sehingga berhak menyandang gelar sarjana sesuai bidang studinya.

Tentunya kesuksesan ini dapat membawa semangat, antusiasme, serta motivasi baru untuk segera mengaplikasikan ilmu seraya mengabdikan diri kepada Agama, Masyarakat, Bangsa dan Negara. Wisudawan dan wisudawati sekalianTidak dapat dipungkiri bahwa kemajuan teknologi informasi dan komunikasi saat ini menuntut semua pihak untuk senantiasa peka dan sigap terhadap beragam kemampuan dan keahlian yang sangat dibutuhkan dalam bekerja maupun berkarya. Meski bukan yang paling utama, keterampilan komputer yang memadahi, penguasaan bahasa asing yang baik, maupun keterampilan komunikasi yang handal merupakan keunggulan-keunggulan yang saat ini sangat dibutuhkan di dunia kerja maupun usaha.

Dengan melihat kenyataan tersebut, Ijazah dan pengetahuan teoritis yang didapat di masa studi bukanlah jaminan untuk dapat memperoleh pekerjaan ataupun berwirausaha dengan mudah. Akan tetapi, saya yakin bahwa wisudawan/wisudawati Sekolah Tinggi Agama Islam Yogyakarta (STAIYO) kali ini telah memiliki suatu keunggulan yang dapat dibanggakan. Wisudawan/wisudawati sekalian harus mampu bertindak dinamis dan memanfaatkan segala peluang untuk terjun ke dunia kerja, menciptakan lapangan kerja, maupun berwirausaha, sekaligus turut berpartisipasi dalam membangkitkan optimisme dan dinamisme baru di tengah pesatnya kemajuan daerah. “Wisudawan dan wisudawati yang berbahagia.

Terkait dengan acara ini, secara lahiriah acara wisuda merupakan awal dari perpisahan segenap wisudawan/wisudawati akan semakin berjarak meskipun kemajuan teknologi telah mempermudah kita dalam berkomunikasi. Namun demikian, saya berharap bahwa seluruh alumni STAIYO tetap dapat menjalin hubungan baik sekaligus menjaga nama baik almamater pada khususnya, dan Gunungkidul pada umumnya. Keluarga besar akan mampu menjadi suatu kekuatan yang handal jika dilandasi dengan semangat kebersamaan dan kekeluargaan.

Demikian beberapa hal yang dapat saya sampaikan. Sekali lagi saya ucapkan Selamat dan Sukses kepada segenap wisuda/wisudawati yang telah berhasil menjalani dan menyelesaikan studi di Sekolah Tinggi Agama Islam Yogyakarta (STAIYO). Pemerintah dan Masyarakat Gunungkidul menanti Kontribusi dan pengabdian saudara untuk bersama-sama “Mewujudkan Peningkatan Taraf Hidup Masyarakat Gunungkidul Yang Bermartabat Tahun 2026.” Akhir kata, semoga Allah SWT senantiasa memberikan bimbingan dan ridha-Nya bagi setiap langkah dan usaha kita untuk merealisasikan cita-cita tersebut. AminSekian dan terima kasih. Wassalamu’alaikum Warohmatullahi WabarakatuhBupati GunungkidulH. Sunaryanta. Demikian bupati sesuai sumbernya dari teks asli dibacakan Setda Kabupaten,  Ir. Drajad Ruswandono, MT, pada acara Wisuda Angkatan Ke-27 STAIYO, yang dilaksanakan hari Sabtu, 11-09-2021 di Aula Utama kampus STAIYO. (Sab)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar