res

Kalurahan Sawahan Dirikan Gapuro Keistimewaan - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar Redaksi Cakrawala Media Group Mengucapkan Selamat Hari Raya Idhul Fitri 1 Syawal 1445 H

Breaking

30 Oktober 2021

Kalurahan Sawahan Dirikan Gapuro Keistimewaan

 




Biro DIY, Gunungkidul, Cakrawalamerdeka.com – Kalurahan Sawahan kapanewon Ponjong kabupaten Gunungkidul  sudah mendirikan Gapuro Tanda Keistimewaan DIY, bangunan ini selesai digarap pada awal Oktober 2021.

Demikian diakui oleh Dwiyono carik Sawahan yang juga selaku plt lurah Sawahan saat ditemui Sabar Pers Cakrawala Online Perwakilan DIY untuk liputan Gunungkidul pada Kamis pahing 28-10-2021 di Pendapa Kalurahan Sawahan Ponjong.

Saat wartawan hadir di balai kalurahan Sawahan tidak ketemu lurah, sebab Suprapto sedang cuti sejak 16 Oktober 2021 sampai 30-10-2021 untuk nyalon lurah lagi pada periode kedua. Suprapto persiapan ikut pemilihan lurah serentak pada 30-10-2021 di 58 kalurahan seluruh pemkab Gunungkidul. Logo atau Gapura Keistimewaan atau Tanda Keistimewaan itu digarap menghabiskan dana dari Propinsi DIY sebesar terbilang angka sebesar Rp 62.790.500,-. Terbilang dengan huruf Enampuluh duajuta tujuhratus sembilanpuluh limaratus rupiah.

Dana sebesar itu merupakan hibah dari propinsi berkait dengan Keistimewaan DIY. Anggaran dari propinsi untuk gapura itu jumlah di tiap kalurahan besarnya sama. Dikucurkan ke tiap kalurahan di Gunungkidul yang memasang Gapuro Tanda Keistimewaan dalam tahap pertama selesai digarap hingga awal Oktober 2021.

Dikabarkan, di wilayah pemerintahan kabupaten Gunungkidul sampai Oktober  2021 yang sudah selesai memasang Simbul Keistimewaan DIY sebanyak 28 kalurahan. Jumlah itu bagian dari sebanyak 144 kalurahan yang tercakup di 18 kapanewon.

Tanda Keistimewaan DIY untuk kalurahan Sawahan dipasang didepan balai kalurahan. Berada ditepi Timur menghadap ke Barat di jalan dari Tambakromo ke Utara mengarah ke wilayah Semin. Simbul atau tanda keistimewaan itu menambah megah dan gagah serta serasi balai kalurahan Sawahan Ponjong.

Setelah Sawahan dipasang Gapuro Tanda Keistimewaan DIY pada tahap pertama Oktober 2021 kalurahan Sawahan yang berorientasi jadi desa mandiri merupakan bagian dari 144 kalurahan di kabupaten Gunungkidul DIY. Tentunya, Lurah, carik dan semua lembaga kalurahan Sawahan, termasuk segenap pamong, serta tokoh maupun masyarakat berterima kasih.

Dengan dibangunnya Gapuro Tanda Keistimewaan DIY itu, pihak lurah, carik dan pamong serta komponen yang ada di kalurahan maupun di kapanewon dan kabupaten mengajak kepada seluruh warga masyarakat agar turut peduli dan merawat Gapuro Tanda Istimewa DIY. “Setelah Gapuro Tanda Istimewa dibangun dengan baik, kami mengajak kepada semua komponen ikut merawatnya,” harap lurah Sawahan. (Sab/Yan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar