res

Warga Girimulyo Ingin Pilih Sunu Raharjo - Cakrawala Online

Breaking

Cakrawala Online Hari ini

Siklus Sejarah Terbentuknya Kecamatan Manggelewa

10 Oktober 2021

Warga Girimulyo Ingin Pilih Sunu Raharjo

 


Biro DIY, Gunungkidul, Cakrawalamerdeka.com – Bisa dipastikan warga masyarakat Kalurahan Girimulyo kapanewon Panggang Kabupaten Gunungkidul memilih Drs Sunu Raharjo sebagai lurah Kalurahan Girimulyo. Demikian diungkapkan Kusdiyono Somo Pawiro sesepuh Girimulyo yang juga seorang dukuh Tanggung ditemui dirumahnya pada Jumat 08-10-2021.

Dipilih dan Kemenangan Sunu Raharjo itu menurut analisa Kusdiyono Somo Pawiro yang juga seorang paranormal atau orang tua yang sering dimintai petunjuk kasepuhan dalam ilmu kejawen di wilayah kapanewon Panggang Gunungkidul. Pihaknya juga berharap dalam pemilihan lurah kalurahan Girimulyo yang digelar serentak di wilayah Gunungkidul 30 Oktober 2021 sukses.

Selain itu, diungkapkan oleh Kusdiyono Sopo Pawiro yang dulu pada 10-08-2017 bersama waraga masyarakat padukuhan Tanggung menggelar Lomba Padukuhan tingkat Kecamatan Panggang. Hasilnya Padukuhan Tanggung pernah juara Pertama tingkat kecamatan Panggang 2017. Hal itu menurut Kusdiyono juga atas kepedulian Drs Sunu Raharjo selaku lurah Girimulyo dalam pembinaan kepada padukuhan Tanggung.

Camat dan muspika Panggang hadir dalam lomba padukuhan tingkat kecamatan Panggang yang digelar mulai 2-10 Agustus 2017. Karena Ag Gunawan S.Sos MM waktu itu sebagai camat Panggang memang yang menggelar lomba padukuhan tingkat kecamatan menyambut Peringatan HUT RI ke 72 tahun 2017. Camat didampingi oleh kapolsek serta ndanramil kecamatan Panggang dan rombongan tim penilai. Lomba padukuhan itu diikuti oleh lima padukuhan mewakili 5 desa.

 

Lomba ini untuk mengevaluasi perkembangan pembangunan di semua sektor di tingkat padukuhan di wilayah kecamatan. Sesuai jadwal sejak Rabu 2-8-2017 lomba dimulai penampilan Padukuhan Petung desa Giriwungu. Putaran kedua hari Kamis 3-8-2017 diikuti oleh Padukuhan Panggang I desa Giriharjo. Putaran ketiga hari Senin 7-8-2017 diikuti oleh Padukuhan Krambil, Girisekar. Putaran keempat hari Selasa 8-8-2017 diikuti padukuhan Sanglor II, Girisuko dan putaran terakhir hari Kamis 10-8-2017, diikuti oleh Padukuhan Tanggung, Girimulyo, Panggang.

 

Dibeberkan dalam jadwal di kecamatan Panggang. Lomba di Padukuhan Tanggung pada hari Rabu 10-8-2017 merupakan putaran terakhir. Penampilan lomba ini cukup memuaskan bagi pihak tim penilai dan perangkat desa maupun tamu undangan serta warta masyarakat. Digelar seni Karawitan di Telaga Gandrung dan di Balai Padukuhan Tanggung, Seni Tari dari Anak SD dan Seni Tari dari siswa SMP, juga Jatilan gaya Ponorogo, Gejok lesung, dan Senam Karang Taruna padukuhan Tanggung di depan Balai Padukuhan.

 

Ketua panitia mengungkapkan, bahwa lomba ini merupakan ajang evaluasi pembangunan di semua sektor. Untuk menggugah semangat membangun di lingkungan padukuhan. Sementra sambutan Kusdiono Sumo Pawiro selaku dukuh Tanggung mengungkapkan dan memaparkan tentang keberadaan wilayah dan segala isi serta potensi yang ada di Padukuhan Tanggung.  “Dengan segala potensi yang ada serta kerja keras kami semoga Padukuhan Tanggung dapat nilai yang memuaskan, dan ternyata Juara Pertama Lomba Padukuhan Tingkat Kecamatan Panggang. Suksesnya sebuah acara itu jadi tolok ukur masyarakat dalam mensikapi acara di wilayahnya, termasuk pemilihan lurah Girimulyo yang bisa dimenangkan Sunu Raharjo,” jelasnya. (Sab/Yan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar