res

Tulus Terpilih Sangat Hormat Jadi Lurah Giriwungu - Cakrawala Online

Breaking

Cakrawala Online Hari ini

Unjuk Rasa Guru Honorer MI-MTs di Depan Kantor Kemenag Dompu

08 November 2021

Tulus Terpilih Sangat Hormat Jadi Lurah Giriwungu

 


Biro DIY, Gunungkidul, Cakrawalamerdeka.com – Dengan nomor urut 1 Tulus terpilih sangat hormat jadi lurah Giriwungu dalam masa bakti tahun 2021-2027. Beliau mengalahkan seorang perempuan dari kalurahan Giriwungu kapanewon Panggang kabupaten Gunungkidul DIY. Pemilihan lurah serentak dari bagian 144 kalurahan di pemerintahan kabupaten Gunungkidul ini dilaksanakan hari Sabtu Wage 30-10-2021 diikuti puluhan kalurahan yang masa jabatan lurahnya habis. Kalurahan Giriwungu merupakan bagian dari 5 kalurahan di kapanewon Panggang yang lowong lurahnya yaitu Giriharjo, Girisekar, Girikarto dan Girimulyo.

 

Karjinem yang sebelumnya sering disebut ibu lurah atau Ketua Tim Penggerak PKK Kalurahan Giriwungu menjadi rival Tulus dalam mencalonkan lurah Giriwungu dalam Periode Kedua. Dalam pertarungan serius itu dipaparkan Hasil Rekapitulasi perolehan suara pilihan lurah Giriwungu. Tulus dengan tanda gambar nomor 1 memperoleh 1146 suara dan Karjinem memperoleh 405 suara. Sehingga Tulus ditetapkan sebagai pemenang atau lurah terpilih kalurahan Giriwungu. Dalam kesempatan itu akhirnya Tulus mengakhiri masa cuti dan menerima kembali jabatan lurah Giriwungu yang belum habis hingga masa pelantikan direncanakan 17 Desember 2021 oleh H Sunaryanta bupati Gunungkidul.

 

Kenapa Tulus dikabarkan sebagai lurah terpilih dan terhormat dalam pemilihannya. Dari wartawan mencari informasi dari warga masyarakat kalurahan Giriwungu Panggang. Diungkapkan mereka bahwa Tulus dalam mencalonkan diri sebagai calon lurah tetap melaksanakan langkah atau maju dengan sesuai prosedural yang berlaku. Sehingga warga Giriwungu merasa puas dalam memilih lurah Tulus di periode kedua dilantik 17-12-2021 oleh H Sunaryanta bupati Gunungkidul. Panewu Panggang Drs Winarno M.Si puas hal ini.

 

Selain itu Tulus juga tetap melaksanakan apa yang telah menjadi tradisi di wilayah kalurahan Giriwungu. Diantaranya calon lurah juga tetap jalan sesuai aturan yang berlaku. Calon lurah juga tetap melakukan sosialisasi dengan warga masyarakat secara umum di wilayah Giriwungu Panggang. Warga masyarakat juga dikondisikan, tidak bergejolak, diajak berembuk agar kedepan Giriwungu bisa jadi percontohan dalam menggelar acara pilihan lurah. Tulus tetap mendekat dan menyatu dengan warga Giriwungu secara menyeluruh. “Kami tetap bersatu padu dengan warga Giriwungu,” ungkap Tulus.

 

“Kami mengkondisikan tokoh dan warga secara menyeluruh. Dukuh, Ketua RW ketua RT, tokoh agama, tokoh masyarakat, ketua lembaga termasuk Karang Taruna dan lembaga yang ada tetap kami sambangi. Ini semua berorientasi bahwa pilihan lurah merupakan ajang demokrasi yang benar dan bermanfaat untuk semua warga,” jelasnya.

 

“Mencetak pemimpin atau membuat lurah itu perlu koordinasi sesama warga. Sehingga warga masyarakat tetap mengadakan pertemuan sebelum dan menjelang pilihan lurah. Malam pilihan lurah warga tetap menggelar pertemuan untuk beramai-ramai rencana memilih lurah yang dicintai warga Giriwungu. Kegiatan itu difasilitasi oleh Tulus,” kata warga. (Sab/Yan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar