res

AKJ - SYAH Teken MOU Dengan Bulog Pusat - Cakrawala Online

Breaking

Cakrawala Online Hari ini

Siapa Yang Paling Bertanggungjawab Dalam Tragedi Kanjuruhan ?

23 Mei 2022

AKJ - SYAH Teken MOU Dengan Bulog Pusat

 


NTB- Cakrawalaonline, Kabupaten Dompu  di bawah kendali AKH-Syah atas nama  Pemerintah Kabupaten Dompu, melakukan MOU dalam rangka mensejahterakan masyarakat khususnya kalangan petani, sangatlah terpuji. Rupanya dua pucuk pimpinan tertinggi di Kabupaten Dompu NTB yang tiada lain adalah AKJ SYAH, ternyata selama ini tidak tinggal diam, namun berbagai upaya telah dilakukan baik melakukan komunikasi dan koordinasi dengan Pemerintah Propinsi hingga ke Pemerintah Pusat sekalipun.


Usaha yang dilakukan oleh Bupati dan Wakil Bupati Dompu, Kader Jaelani-H. Syahrul Parsan, ST, MT atau yang akrab disapa AKJ SYAH ini ternyata patut dibanggakan dan di aminin.


Walaupun sebelumnya, upaya yang dilakukan oleh dua pemimpin daerah ini banyak mendapat kecaman bahkan kritikan pedas, justeru tidak pernah bisa  berhenti melakukan  upaya untuk mensejahterakan masyarakatnya, dengan satu tekad dan semangat apa yang diupayakan justeru telah memberikan dampak yang baik dan positif bagi peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Dompu sendiri.


Apa sebenarnya yang dilakukan oleh AKJ-SYAH untuk mensejahterakan petani di daerah yang dipimpinnya ini ?


Ternyata AKJ SYAH pada Sabtu (21/05/22) sekitar pukul 10.30 Wita di Aula Pendopo Bupati Dompu melakukan Penandatanganan Nota Kesepakatan kerjasama (MOU) antara Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu dengan Badan Usaha Logistik (Bulog) Pusat.


Dalam proses  penandatanganan MOU dimaksud, Bupati Dompu Kader Jaelani dan Bulog Pusat diwakili oleh Direktur Bisnis, Febby Novita menandatangani MoU yang dimaksudkan, termasuk turut serta yakni Pimpinan Cabang BRI Dompu, Perusda dan Gapoktan.


Bupati Dompu, Kader Jaelani dalam sambutannya dikegiatan ini menyampaikan rasa bahagianya setelah berbagai ikhtiar yang dilakukannya bersama jajaran terkait dalam mengupayakan kestabilan harga dari berbagai komoditas pertanian terutama jagung.


MOU yang ditandatangani tersebut sebagai upaya bersama untuk melakukan kerjasama dalam rangka mendukung program kedaulatan pangan nasional.

    Bupati Dompu Kader Jaelani  merasa bahagia dengan ditandatanganinya MoU hari ini, penandatanganan ini tentunya berdampak besar bagi para petani terutama petani jagung dengan kehadiran Bulog yang juga ikut ambil bagian untuk membeli jagung petani dengan harga yang lebih tinggi dari perusahaan lainnya,"ucap Bupati AKJ usai penandatanganan MoU.


 " MOU " yang ditandatangani tersebut, sambung Bupati Dompu, menjadi sebuah bentuk komitmen Pemda Kabupaten Dompu untuk membuat kesepakatan menandatangani perjanjian kerjasama tentang pengembangan dan penjualan komoditi jagung. 


Pada momen ini juga, Bupati Dompu menyampaikan tujuan dilakukannya penandatangan MoU dengan Bulog itu, yakni pertama terwujudnya partisipasi BUMN dalam mendukung program pemerintah untuk menciptakan kedaulatan pangan nasional.


Kedua, memberikan kepastian pasar, harga dan suplai jagung bagi para pihak dan Ketiga, sebagai sarana rekomendasi beberapa pihak untuk mengajukan kredit permodalan usaha bagi para petani jagung di Kabupaten Dompu.


“Mengingat kerjasama ini sangat penting dalam pengembangan dan keberlanjutan komoditi jagung di daerah ini, kami sangat berharap kepada semua pihak agar mentaati dan mematuhi segala ketentuan dalam nota kesepakatan yang telah ditandatangani,"harap Bupati AKJ.


Ditambahkannya, MoU yang telah ditandatangani nantinya akan dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas panen, ada acuan harga pembelian, ada gudang penyimpanan jagung, terlaksananya produksi jagung sesuai dengan ketentuan perkreditan dan ada yang mengkoodinir budidaya komoditas jagung sesuai wilayah tanam.


Bahkan Bupati AKJ juga menyampaikan harapan agar apa yang telah diikhtiarkan ini dapat memberikan berita gembira kepada para petani jagung daerah ini sehingga dalam mengupayakan jagungnya, petani bisa memiliki harapan yang baik tentang harga komoditas jagungnya nanti, kedepan.


“Saya berharap apa yang telah dilakukan hari ini bisa memberikan dampak yang baik bagi peningkatan pendapatan dan kesejahteraan bagi para petani jagung di daerah tercinta ini,"jelas Bupati AKJ.


Pimpinan Bulog,Wilayah  Provinsi NTB, Abdul Muis Sayyed Ali, dalam amanat singkatnya menyampaikan bahwa kehadiran Bulog akan menjadi stabilisator dalam penentuan harga komoditi jagung dan juga akan menjadi pemimpin harga jagung diantara perusahaan jagung yang ada.


“Kehadiran Bulog akan memberikan dampak yang baik bagi para petani dimana dalam hal ini Bulog akan berperan sebagai stabilisator harga dan juga akan menjadi pemimpin harga pembelian diantara perusahaan-perusahaan yang telah menjadi mitra para petani dalam menjual hasil jagungnya,"ungkap Abdul Muis Sayyed Ali.


Untuk mendapatkan harga yang juga relatif baik kepada para petani jagung, Abdul Muis Sayyed Ali juga menyampaikan agar dapat menjaga kualitas jagung yang dihasilkan karena dalam penentuan harga pembelian faktor kualitas dan kadar air komoditas jagung juga ikut berpengaruh.


“Untuk mendapatkan harga yang sesuai dengan harapan para petani, petani juga harus memperhatikan kualitas jagung yang dihasilkannya, kualitas jagung yang baik dalam hal kadar air dan lainnya juga berpengaruh pada harga pembelian oleh perusahaan,"ujarnya.


Sementara Direktur Bisnis Bulog Pusat, Febby Novita menyampaikan, untuk menyerap jagun para petani di Kabupaten Dompu dan sekitarnya, Bulog Pusat telah membangun gudang jagung dengan skala besar yang berlokasi di Desa Kampasi Meci Kecamatan Manggelewa Kabupaten Dompu Provinsi Nusa Tenggara Barat.


Fasiltas gudang yang dibangun itu menurut Febby Novita, sebagai salah satu upaya perpanjangan tangan  pemerintah pusat dalam hal ini Bulog untuk memberikan dukungan kepada para petani jagung untuk dapat menjual dan menikmati hasil jagungnya sesuai dengan harga yang disepakati.


“Digudang yang dibangun tersebut kami akan menampung produkstivitas jagung para petani daerah ini dan sekitarnya dan kemudian dalam waktu dekat Bulog juga akan mulai menyerap jagung para petani,"cetusnya.


Febby Novita juga menyampaikan harapan kepada Pemda dan masyarakat Dompu, agar fasilitas gudang yang telah dibangun Bulog untuk menampung dan membeli jagung para petani dapat dijaga keberadaannya sehingga dapat berfungsi dan memberikan manfaat jangka pajang bagi para petani sendiri, ujar Bupati Dompu Kader Jaelani


Bupati Dompu berharap kepada  masyarakat Kabupaten Dompu untuk ikut menjaga keberadaan fasilitas gudang yang sudah dibangun Bulog di Desa Kampaci Meci sehingga dapat dimanfaatkan dalam waktu yang lama,"pintanya.


Ditambahkannya, dengan keberadaan gudang jagung yang dibangun Bulog tersebut akan memberikan dampak ikutan yang luas di sektor lainnya dan hal ini tentu saja berpengaruh bagi peningkatan pergerakan perekonomian Kabupaten Dompu dan Provinsi NTB juga secara nasional. Zun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar