res

Aliansi Serikat Tani kabupaten Dompu, minta pertahankan harga Jagung - Cakrawala Online

Breaking

Cakrawala Online Hari ini

Siapa Yang Paling Bertanggungjawab Dalam Tragedi Kanjuruhan ?

20 Mei 2022

Aliansi Serikat Tani kabupaten Dompu, minta pertahankan harga Jagung



Dompu- Cakrawalaonline, Terkait anjloknya harga jagung, Kamis (19/5/22) di jalan lintas negara Desa Madaprama Kecamatan Woja Dompu, melakukan unjuk rasa pertahankan harga jagung, ada 5 tuntutan :

1.Meminta  pada pemerintah Daerah untuk mengoptimalkan kembali, harga jagung.

2. Mendesak Pemerintah segera membuat payung hukum(perda)tentang komuditi harga pertanian.

3. Cabut ijin usaha PT segar ( gudang)yang berada dimanggelewa, yang diduga memainkan harga jagung.

4. Mendesak Dinas terkait, melakukan sidak menemukan alat timbang , kadar air jagung yang berada di beberapa gudang.

5. Mendesak Pemda Dompu untuk pemotongan oleh gudang  harga jagung .


Akhirnya mendapat respon Pemerintah Daerah kabupaten  Dompu. Harga Jagung Anjlok, wakil  Bupati Dompu Dituding tidak Pro Petani.




Wakil Bupati Dompu H  Syahrul Parsan bersama sekda Dompu Gatot Gunawan S,km M.kes, beserta  rombongannya berkunjung  langsung kelokasi tempat unjuk rasa , menemui massa aksi yang  dikawal ketat oleh TNI-Polri petugas Pol PP.




Dalam penyampaiannya, orang nomor dua di Dompu tersebut tidak membantah saat ini daya beli jagung memang rendah dari sebelumnya. Berdasarkan hasil survei di lapangan harga beli setiap gudang berbeda. Sementara PT Segar Rp,3.800/kg, PT. Wiliam Rp,4,150/kg, Gudang Joko Rp,4,350/kg, PT CPI Rp. 4. 250/kg, dan CV Luh Desa Dorokobo RP, 4,400/kg.




Namun dalam hal ini, untuk mengatur serta mengeluarkan kebijakan harga, Pemda Dompu tidak punya kewenangan lebih. Sebab yang punya hak tersebut adalah pemerintah pusat.

    Pada kesempatan yang yang sama  Pemerintah kabupaten Dompu tidak bisa melampaui kewenangan pusat. Dan tidak tutup kemungkinan pemerintah telah berusaha untuk kerjasama  dengan pengusaha pakan ternak yang ada di biltar, tetapi melalui pelelangan subsidi jagung, selain itu  melalui Bulog, dan perusda , koperasi dan BUMDES. Ini kutipan ungkap  Sutarman pengusaha pakan ternak ayam, saat di wawancara cakrawala di gudang pak Luh dorokobo 10/4)22,lalu :  Sutarman apresiasi dengan lumbung pangan jagung di Dompu, terimkasih kepada pemerintah kabupaten Dompu yakni Bupati dan wakil bupati Dompu tetapi dengan harga jagung berfariatif tentu saja pengaruh di setiap Daerah melakukan panen yang sama , maka petani kami sangat berharap agar bisa memaklumi ujarnya. Masyarakat harapkan agar harga jagung tetap stabil di tanya cakrawala , Sutarman pengusaha pakan asal Blitar me jawab ya, itu tadi, kami bersama pemerintah bekerja sama dalam bentuk subsdi, melalaui Bulog, BUMDEs , dan koperasi ujarnya 10/4/22. Turut hadir waktu itu, simpe Dian,  anggota komisi II DPRD syirajudin. (*z).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar