res

Girimulyo Serius Bersama Masyarakat Sambut Lomba Tingkat Propinsi - Cakrawala Online

Breaking

06 Juni 2022

Girimulyo Serius Bersama Masyarakat Sambut Lomba Tingkat Propinsi

 


Biro DIY, KulonprogoCakrawalamerdeka.com – Kepala biro pemberdayaan masyarakat desa Propinsi DIY, Sukamto  mengungkapkan, tahapan untuk  mengikuti lomba kalurahan ini meliputi tiga tahap yaitu Penilaian Akreditasi, Penilaian Paparan dan paparan lurah, serta penilaian secara  langsung di lapangan. Demikian diungkapkan Sukamto selaku ketua rombongan tim penilai Lomba Desa tingkat Propinsi DIY dari kalurahan Girimulyo kapanewon Panggang kabupaten Gunungkidul.

 

Lomba desa atau kalurahan tingkat propinsi DIY ini berlangsung hari Kamis Wage tanggal 02 Juni 2022 berlangsung dari jam 09.30 hingga jam 18.00 WIB. Rombongan tim penilai dipersilahkan mengunjungi tujuh padukuhan yang ada di kalurahan Girimulyo. Pertama mengunjungi padukuhan Legundi yang berada sebelah selatan JJLS. Disini tim penilai mengamati langsung potensi yang ada seperti rumah seni seperti kandang asmara, dan sanggar seni, serta rombongan tim penilai sempat foto bareng. Dan yang dinilai ada 12 unsur yaitu Pendidikan masyarakat, kesehatan masyarakat, lingkungan, ekonomi, investasi, inovasi dan kreativ kinerja serta inisiatif dan keistimewaan.

 

Lurah Girimulyo, Drs Sunu Raharjo mengaku lega, karena dalam kesempatan ini sambutan dan partisipasi warga masyarakat cukup antusias memuaskan rombongan tim penilai dari propinsi DIY. Lebih-lebih warga masyarakat mengungkapkan yel-yel berbunyi Gunungkidul Handayani, Girimulyo Semangat, Girimulyo maju, Girimulyo luar biasa.

 

Untuk inovatis pelayanan masyarakat kader kalurahan Girimulyo telah menciptakan Gerbulan atau gerakana seribu setiap bulan. Gerbulan ini ditangani oleh kader kalurahan yang merupakan bimbingan lurah sejak sebelum mencalonkan dan jadi lurah. Jadi gerbulan ini sudah lama berdirinya, dan kini sudah banyak langkah kerja untuk masyarakat. Seperti tilik orang sakit dan lainnya.

 

Dari Legundi dilanjut ke padukuhan Tungu tentang perkembangan kampung KB. Dilanjut ke Wintaos dan dilanjut lagi ke padukuhan Macanmati, dilanjut ke padukuhan Tanggung dan padukuhan Prahu. Berbagai padukuhan yang dinilai rombongan tim penilai memang banyak potensi yang berbeda-beda. Tiap tiap padukuhan potensinya beda, Legundi tentang kesenian, Tungu tentang kampung KB, Wintaos tentang tanaman obat keluarga, Macanmati tentang kampung islami, padukuhan Tanggung tentang kesehatan hewan dan padukuhan Prahu tentang produk patung kayu jati.

 

Rombongan tim penilai mengaku puas karena saat ditempat penilaian terakhir di padukuhan Prahu meninjau patung kayu jati yang dibentuk kuda dan hewan lain, nampak senang dan terasa kagum, terlihat dari kegembiraan mereka melihat produk patung kayu itu. Tim penilai kembali ke kalurahan masih dihibur Campur Sari oleh penyanyi Indri dan didukung Kartono selaku master of ceremoni dalam lomba tingkat propinsi Girimulyo mewakili kabupaten Gunungkidul yang sangat meriah dalam sambutan masyarakat Girimulyo. (Sab)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar