res

Cegah Penularan PMK, Polres Taput Semprot Disinfektan di Beberapa Kandang Ternak - Cakrawala Online

Breaking

Cakrawala Online Hari ini

12 Kasus Curanmor Berhasil Diungkap Polres Grobogan

15 Juli 2022

Cegah Penularan PMK, Polres Taput Semprot Disinfektan di Beberapa Kandang Ternak



Taput-Cakrawalaonline,Penyakit Mulut dan Kuku ( PMK )  adalah penyakit yang menyerang hewan ternak berupa sapi, kerbau, lembu dan sejenisnya. 


 PMK yang terjadi saat ini merupakan jenis wabah  disebut juga dengan wabah sapi karena banyak menyerang sapi. 


Penyakit mulut dan kuku adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dan menular dari salah satu hewan ke hewan lain . Gejala yang paling tampak adalah demam, blister di mulut dan kaki hewan ternak, dan air liur kental,hewan ternak yang bisa terkena wabah PMK antara lain sapi, kerbau, unta, kambing, domba, rusa, dan babi.


Untuk mengantisipasi penularan penyakit PMK tersebut, Polres Tapanuli Utara membantu penyemprotan disinfektan ke sejumlah kandang pemilik ternak  berupa Sapi, kerbau dan lembu yang ada di wilayah Taput.


 Penyemprotan yang dipimpin kasat sabhara AKP R. Simarmata bersama anggota melakukan penyemprotan Disinfektan dan monitoring serta deteksi di beberapa peternakan sapi,  salah satu nya milik Ramos Sihombing di komplek PT.CIFA Indonesia Hutanamora Desa Lobuhole kecamatan Siatas Barita Tapanuli Utara. 


Hasil monitoring dan deteksi,ternak sapi milik Ramos Sihombing yang berjumlah 57 ekor masih keadaan aman dan sehat  serta tidak terkena damfak PMK. 


Kepada pemilik peternakan, Kita  menyampaikan agar selalu menjaga kebersihan kandang, memandikan ternak dan mengasapi atau membuat perapian disekitar kandang. Panji Simanungkalit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar