res

SDN 2 Dompu Raih Juara Lomba Sekolah Adiwiyata - Cakrawala Online

Breaking

Cakrawala Online Hari ini

Sekolah di Bima Dan Kota Bima Terapkan Muatan Lokal Sejarah

13 September 2022

SDN 2 Dompu Raih Juara Lomba Sekolah Adiwiyata

 


Dompu, cakrawala onliine-Kepala SD Negeri 2 Kecamatan Dompu, Kabupaten Dompu, Haryono, S.Pd, merasa terharu, bahwa sekolah dalam impianya, tak di sangka  mampu meraih juara dalam lomba Sekolah Adiwiyata.

"Insya Allah, kita optimis sepanjang kita bekerjasama, beserta teman sekerja tidak ada yang tidak mungkin, pasti bisa kita raih kesuksesan ," ujar Haryono saat diwawancarai wartawan  di kantornya pada Senin (12/9/2022) pagi.



Menurut Haryono, berkolaborasi dan bekerjasama antara warga sekolah dalam memaksimalkan program-program Adiwiyata terus ditingkatkan.

Bahkan, pihaknya sudah berkomitmen untuk terus menata sehingga dapat meraih juara, bukan hanya di tingkat Kabupaten dan Provinsi saja, tetapi juga di tingkat Nasional.

"Kita sudah ada komitmen bahwa kalau kita meraih juara di tingkat Kabupaten akan diajukan ke tingkat provinsi hingga Nasional," ungkapnya.



Menurutnya, tim penilai dari berbagai stakeholder, tutur Haryono, baru saja berkunjung di SDN 2 Dompu guna melakukan evaluasi sekaligus menilai tentang pengelolaan program sekolah Adiwiyata.

"Barusan, ada tim penilai dari Dinas Kesehatan, Dikpora, Kementerian Agama dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Dompu berkunjung dan melihat apa saja yang sudah kami dilakukan dalam sekolah Adiwiyata ini," katanya.

"Alhamdulilah, kehadiran tim tadi sudah memberikan apresiasi yang luar biasa kepada kami," sambung  Pak Yono Akrabnya.

Dengan melatarbelakang Prinsip dasar sekolah Adiwiyata, Haryono menambahkan, adalah bagaimana mendorong dan mengajak mereka mengedukasi kepada warga sekolah tentang kepedulian terhadap lingkungan serta menerapkan pola hidup yang sehat.

SD Negeri 2 Dompu juga sudah memaksimalkan pengelolaan barang-barang bekas seperti botol plastik dan sampah menjadi sesuatu yang bernilai jual serta bisa mengurangi limbah yang ada di luar.



"Selain menjadikan barang bekas menjadi sesuatu yang bermanfaat, kita juga sedang mengimplementasikan halaman sekolah dengan berbagai kegiatan menata  tanaman seperti kebun sayur, pembibitan, irigasi air dan lain-lain," sambung Haryono.

Untuk menunjang program sekolah Adiwiyata, SD Negeri 2 Dompu sudah menjalin kemitraan (MoU) dengan berbagai pihak, tentunya yang memiliki kepedulian terhadap lingkungan.

"Kami juga sudah bekerjasama dengan We Save, Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) dan Dinas Lingkungan Hidup," terangnya.

Haryono menjelaskan, menjalin kerjasama dengan Lembaga We Save adalah untuk mengadakan pelatihan keterampilan dengan membuat sesuatu yang bermanfaat dari barang-barang bekas.

Sedangkan Lembaga PKBI adalah memberikan penguatan dan pelatihan serta edukasi bagaimana menjadi sekolah ramah anak. Jadi hak peserta didik dapat terpenuhi dengan keterampilannya, kenyamanan belajar dan diberikan edukasi sehingga peserta didik merasakan aman, nyaman dan menyenangkan  belajar di sekolah.

"Sekolah Adiwiyata ini nantinya ditargetkan dijadikan sekolah yang mandiri sehingga betul-betul mendapat prioritas," pungkas Haryono, S,Pd. [Zun].

Tidak ada komentar:

Posting Komentar