res

Angin Puting Beliung Terjang Dan Sapu Dua Desa di Manggelewa - Cakrawala Online

Breaking

12 Oktober 2022

Angin Puting Beliung Terjang Dan Sapu Dua Desa di Manggelewa

 




Dompu Cakrawala Online-Dua Desa di Kecamatan Manggelewa Kab.Dompu NTB yang diterjang angin puting beliung yakni: Desa Nusa jaya dan Desa Lanci Jaya. Sementara  Desa Nusa Jaya 3 rumah yang berlokasi di Dusun Rinjani dan Dusun Mulya sari, antara lain rumah seorang pedangang Bakso , Jamaludin mengalami kerugian sekitar 5 jutaan katanya , kami pasrah itu ujian Allah katanya, saat di konfirmasi media dirumahnya, Jamaludin kalau bisa minta dukungan dan uluran  tangan donatur dan pemerintah ujarnya.

 Pada waktu yang tidak terlalu lama datanglah dinas sosial membantu warga yang terdampak bencana alam angin puting beliung pada dua desa di Kecamatan Manggelewa atas perintah Bupati Dompu  langsung Dinas Sosial untuk segera turun ke korban terdampak dan menyalurkan bantuan yang bersifat emergency.

Kades Lanci jaya Sahril usai makan siang di Kantor Desa Lanci Jaya beserta sekretaris desa dan ketua BPD Dahlan  menjelaskan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan dinas  Sosial untuk segera turun lokasi dan menyalurkan bantuan tanggap darurat pada sejumlah korban terdampak puting beliung ini.


Ahirnya! Bupati Dompu perintahkan Kadinsos untuk segera turun dan menangani para korban angin puting beliung,

Secara terpisah, Kadis Sosial Kabupaten Dompu, Drs. Abdul Haris pada media ini menyampaikan bahwa pihaknya setelah mendapat perintah langsung dari Bupati Dompu langsung menurunkan tim Tagana untuk mendroping sejumlah bantuan Yang dibutuhkan para korban terdampak puting beliung ini.

"Memang benar kami menerima perintah langsung dari Bapak Bupati Dompu dan pasukan Tagana langsung gerak cepat untuk menurunkan bantuan tanggap darurat kepada korban angin puting beliung yakni di Desa Lanci jaya dan Desa Nusa Jaya, ucap Kadinsos Dompu . 


Lanjut Kadinsos, adapun jenis bantuan yang disalurkan oleh Dinas Sosial kepada korban puting beliung di Desa Lanci Jaya yakni berupa Family, perhelatan dapur keluarga, kasur merah, matras, lauk pauk siap saji, sandang dewasa, makanan siap saji dan makanan anak. Dan bantuan tersebut hanya diperuntukkan bagi 6 kepala keluarga yang terdampak bencana ini saja dan masing masing mendapatkan 1 paket jenis barang.

Sementara korban yang terdampak puting beliung di Desa Lanci Jaya Kecamatan Manggelewa yakni mendapatkan bantuan berupa lauk pauk siap saji, makanan siap saji, makanan anak, terpal, Beras dan Mie Instan dan bantuan tersebut hanya diperuntukkan bagi 6 kepala keluarga saja sebagai korban terdampak puting beliung dan masing-masing mendapatkan 1 paket jenis barang.

"Semua korban bencana angin puting beliung telah menerima bantuan tanggap darurat ini. Kiranya dengan bantuan itu bisa meringankan beban para korban,"ujar Kadinsos.

Untuk diketahui bahwa bencana angin puting beliung terjadi pada Senin (10/10/2022) sekitar pukul 14.30 wita. Bencana angin puting beliung terjadi disertai hujan lebat yang mengakibatkan kerusakan beberapa rumah warga pada dua desa di  kecamatan Manggelewa.

Berdasarkan keterangan dari sejumlah warga pemilik rumah didampingi Babinsa,  BKTM  dan ketua BPD, Desa Lanci jaya Dahlan  Kecamatan Manggelewa sebelumnya terjadi hujan lebat, tidak lama kemudian muncul angin puting beliung yang menerjang dan menyapu  sedikitnya 6 rumah warga Desa Lanci Jaya yang mengakibatkan kerusakan parah pada bagian atap rumah.

"Untuk sementara masyarakat yang terdampak mengungsi di rumah tetangga/keluarganya yang tidak terdampak. Adapun rumah warga yang terdampak di Desa Lanci Jaya yakni, rumah milik Firmansyah, Kamelia, Saidin, Ahmad dan Supratman,"ujar Dahlan ketua BPd Desa Lanci Jaya .(zun)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar