res

Blitar Selatan Siaga Banjir Bandang! Sirene Bendungan Serut Berbunyi - Cakrawala Online

Breaking

Cakrawala Online Hari ini

Siklus Sejarah Terbentuknya Kecamatan Manggelewa

18 Oktober 2022

Blitar Selatan Siaga Banjir Bandang! Sirene Bendungan Serut Berbunyi




Blitar - Suasana mencekam dirasakan warga Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar. Sirene Bendungan Serut pagi ini dibunyikan sebagai peringatan datangnya potensi banjir bandang.

Kades Rejowinangun Bhagas Wigasto mengaku ngeri mendengarkan sirene Bendungan Serut berbunnyi. Sejak balita hingga usianya memasuki 44 tahun, baru kali ini dia mendengarkan sirene itu dibunyikan.

"Ngeri...miris aku. Sejak kecil baru umur 44 tahun ini dengar sirene serut berbunyi. Kalau sini masih aman. Tapi air sungai kiri jalan sudah meluap. Info terbaru, yang Plosorejo kiri jalan sudah terendam. Dawuhan sudah klelep (terendam) juga," kata Bhagas dihubungi detikJatim, Senin (17/10/2022).



Sementara itu, Kasub DJA I/2 Bendungan Serut, Doni Trio Prabowo mengatakan, sirene ini dibunyikan sebagai tanda awal akan dibukanya seluruh pintu bendungan. Pembukaan pintu bendungan dilakukan karena volume ketinggian air sudah di atas 500 meter kubik, yakni mencapai 1.100 meter kubik.

"Saat ini kami buka lima dari delapan pintu bendungan. Karena ketinggian air sudah mencapai 1.100 meter kubik," jawabnya di ujung telepon.

Bendungan Serut sendiri mempunyai kapasitas menampung aliran air hingga 1.500 meter kubik dari arah timur wilayah Blitar. Sehingga, sisa daya tampung bendungan ini masih mempunyai space sekitar 400 meter kubik.

Menurut Doni, pihaknya akan membuka seluruh pintu air bendungan, jika ketinggian air sudah mencapai 1.300 meter kubik. Air dari Bendungan Serut ini akan diarahkan menuju Sungai Brantas yang terletak di sisi barat bendungan.

Saat ini, hujan deras masih mengguyur wilayah Blitar. Hal ini berpotensi memperluas banjir yang sudah merendam sebagian besar wilayah Blitar selatan. BPBD Kabupaten Blitar melaporkan, wilayah terparah berada di Kecamatan Sutojayan yang lokasinya tepat di sebelah timur Kecamatan Kademangan.er-Sumber:detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar