res

Peresmian Pamsimas Sumbermulyo dan Lari Maraton Warga Ponjong - Cakrawala Online

Breaking

17 November 2022

Peresmian Pamsimas Sumbermulyo dan Lari Maraton Warga Ponjong




DIY, Gunungkidul,Cakrawala Online –  Pada hari Rabu 09-11-2022 Sunaryanta bupati Gunungkidul meresmikan Pamsimas Sumbermulyo di padukuhan Jelok kalurahan Pundungsari kapanewon Semin. Acara itu berlangsung siang hari sekitar jam 13.00 WIB berpusat di balai padukuhan Jelok.


Dalam sambutanya bupati berharap dengan diresmikannya Pamsimas Sumbermulyo bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Karena dimusim kemarau warga mencari air bersih sulit karena lokasi berada dipuncak bukit padukuhan Jelok.


Bak penampungan air Pamsimas (Proyek Air Minum Bersih Masyarakat) itu diharapkan dirawat agar mampu memberi manfaat warga Jelok Tepus dan lainnya yang saat ini telah dialirkan sampai 80 SR atau sambungan rumah.


Bak air Pamsimas ini dikelola pokmas Sumbermulyo dengan digarap swakelola bersama warga Jelok. Pamsimas berada sekitar 50 meter dan di puncak bukit padukuhan Jelok tepi jalan tembus antara kalurahan Tambakromo menuju balai kalurahan Pundungsari Semin.


Bupati juga menyinggung pembangunan jalan aspal antara Tambakromo dan Pundungsari yang baru saja selesai direhap atau dibangun.Rencana akan diresmikan bulan Desember tahun 2022.


Dalam acara peresmian itu agar berkesan lebih besar akan diiringi lari maraton oleh bupati dengan start awal pembangunan jalan dan selesai pembangunan jalan itu. Namun lari maraton akan dilanjut hingga Ponjong yang jaraknya sekitar 11 km.


Bupati mengaku lari maraton sejauh itu biasa. Semoga ajakan lari bareng bupati ini diikuti oleh panewu lurah dan warga masyarakat padukuhan Jelok di wilayah Semin dan Ponjong.


Obyek wisata yang ada di Pundungsari diantaranya Petilasan ngarso dalem Sri Sultan HB kedua, tiap bulan Dhulhijah diadakan tradisi nyadran di padukuhan Sedono.


Di padukuhan Tepus dan Jelok terdapat Gunungpanggung tempat wisata religi dan pertapaan pedalangan sangat diminati oleh wisatawan, tempat itu juga sering digunakan untuk selfi para pemuda dan pemudi sambil berpacaran yang endingnya menuju pernikahan.


Di Padukuhan Kutugan ada batu  yang di dalamnya bila ditabuh suaranya mirip di guwa Tabuhan Pacitan.


Dibuat sebuah keputusan di Jelok yaitu obyek wisata segera dibangun mengenai sarana dan prasarana agar sesuai harapan warga masyarakat. Warga Jelok berharap pembangunan tidak hanya sampai disitu, agar warga masyarakat bisa tercukupi lahir batin. Hal ini sesuai harapan Tumin lurah kalurahan Pundungsari Semin.


Suwardi sekretaris kelompok masyarakat Sumber Mulyo mengucapkan terima kasih atas dibangunnya Pamsimas Sumbermulyo padukuhan Jelok Pundungsari Semin. “Kami mewakili pokmas Sumbermulyo mengucapkan banyak terima kasih kepada pemerintah Gunungkidul serta bupati panewu dan lurah serta semuanya yang telah berpartisipasi terjadinya atau terwujudnya Pamsimas ini,” (Sab)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar