res

Warga Pundungsari Semin Sepakat Obyek Wisata Gunungpanggung Digarap - Cakrawala Online

Breaking

17 November 2022

Warga Pundungsari Semin Sepakat Obyek Wisata Gunungpanggung Digarap



DIY, Gunungkidul, Cakrawala Online – Warga masyarakat kalurahan Pundungsari Semin Gunungkidul sepakat obyek wisata Gunungpanggung segera ditingkatkan pembangunannya. Bukan berarti sekarang ini jelek, tetapi setelah beberapa tahun belakangan dibenahi oleh pemerintah tentunya sampai saat ini masih juga perlu ditingkatkan pembangunannya mengenai sarana dan prasana menuju obyek wisata Gunungpanggung.


Obyek wisata yang ada di Pundungsari diantaranya Petilasan ngarso dalem Sri Sultan HB kedua, tiap bulan Dhulhijah diadakan tradisi nyadran di padukuhan Sedono.


Di padukuhan Tepus dan Jelok terdapat Gunungpanggung tempat wisata religi dan pertapaan pedalangan sangat diminati oleh wisatawan, tempat itu juga sering digunakan untuk selfi para pemuda dan pemudi sambil berpacaran yang endingnya menuju pernikahan.


Di Padukuhan Kutugan ada batu  yang di dalamnya bila ditabuh suaranya mirip di guwa Tabuhan Pacitan. Sehingga warga Pundungsari Semin membuat sebuah keputusan di Jelok yaitu obyek wisata segera dibangun mengenai sarana dan prasarana agar sesuai harapan warga masyarakat. Warga Jelok berharap pembangunan tidak hanya sampai disitu, agar warga masyarakat bisa tercukupi lahir batin.


Hal ini sesuai harapan Tumin lurah kalurahan Pundungsari Semin, setelah dibangun dan diresmikan Pamsimas percontohan swakelola masyarakat bernama Pokmas Sumbermulyo padukuhan Jelok ternyata menyentuh pemerintah secara keseluruhan. Bukti nyata bahwa puncak bukit yang tinggi dan sulit air bersih di musim kemarau sekarang ini teraliri air bersih atas usaha bupati H Sunaryanta atau pemerintah Gunungkidul dan DIY maupun pusat.


Banyak inspirasi yang diperoleh ternyata setelah kunjungan bupati yang didampingi oleh para staf dan pejabat terkait dari propinsi DIY terkait dinas PUPR. Bahkan pejabat PUPR DIY mengungkapkan bahwa ditempat yang tinggi dengan pemandangan yang indah itu di seputar bak air Pamsimas Sumbermulyo.


Karena dekat Obyek Wisata Gunungpanggung bisa digunakan untuk para remaja yang senang berpacaran di lokasi yang indah untuk menatap masa depan. “Tentunya bisa untuk selfi dari anak muda di lokasi bukit indah itu. Apalagi di seputaran padukuhan Jelok juga ada beberapa paket obyek wisata yang masih prawan atau siap dikembangkan,” ungkap ibu pejabat dari PUPR DIY.


Dalam kesempatan itu H Sunaryanta bupati Gunungkidul juga didampingi Ichwan Mulyana DPRD Gunungkidul yang kebetulan warga Pundungsari. Pihaknya nampak rukun karena kerukunan akan menambah jumlah suara di kala nanti mengikuti pemilihan.


Ichwan Mulyana yang juga mantan lurah Pundungsari juga tidak pangling dengan Sabar Wartawan Cakrawalamerdeka.com yang meliput kegiatan itu. “Semoga bupati selalu memberi yang terbaik kepada warga masyarakat. Dan kita semua saling membutuhkan sehingga terjalin sebuah sinergi untuk menciptakan suasana harmonis dalam menciptakan pembangunan wilayah secara menyeluruh,” ungkap Ichwan Mulyana. (Sab)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar