res

Bupati Bima Serahkan Bantuan Sektor Perikanan - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar Redaksi Cakrawala Media Group Mengucapkan Selamat Hari Raya Idhul Fitri 1 Syawal 1445 H

Breaking

Cakrawala Online Hari ini

Pj.Bupati Lahat Gelar Open House Di Pendopohan Rumah Dinas Bupati

21 Desember 2022

Bupati Bima Serahkan Bantuan Sektor Perikanan




Bima-Cakrawalaonline, Pastikan bahwa masyarakat penerima barang/hibah bisa menjaga dengan baik dan memanfaatkan bantuan dengan sebaik mungkin. Juga berharap semoga setiap tahunnya masyarakat yang bermata pencaharian di daerah pesisir bisa dibantu melalui program dari Dinas Kelautan dan Perikanan.


Demikian ungkap Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE saat menyampaikan arahan dalam acara Serah terima barang/hibah senilai Rp 1,6 miliar secara simbolis kepada 10 kelompok masyarakat pesisir yang ada di Kabupaten Bima, Selasa (20/12), di Aula Kantor Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bima.


Bupati Bima yang turut didampingi Asisten  II Setda Bidang  Perekonomian dan Pembangunan Setda Ir. Indra Jaya, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Ir. Rendra Farid, dan Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Ir. Hj. Nurma, M.Si, dalam sambutannya menyampaikan bahwa bantuan yang bersumber dari dana DAK tersebut ditujukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang bermata pencaharian di daerah pesisir.


Di hadapan para penerima bantuan yang berasal dari sejumlah kecamatan pesisir tersebut, Bupati menekankan pentingnya peran orang tua khususnya para nelayan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada anak anaknya sebagai bekal dalam mencari nafkah.


“Kepada orang tua diharapkan sejak sekarang bisa memberikan pelatihan dan pembelajaran kepada anak-anaknya juga bagaimana cara membudidaya, mengelola, serta memasarkan hasil usahanya supaya setiap tahun bisa berkembang.” Terang Bupati. 


Bupati juga memberikan arahan kepada para pejabat di jajaran dinas Kelautan dan Perikanan dengan menghimbau kepada OPD yang dalam programnya terdapat pemberian barang/hibah bantuan kepada masyarakat agar memiliki Buku Pintar sebagai panduan dan memiliki data yang valid terkait komponen bantuan dan memastikan pemerataan penyebaran bantuan.



Sementara itu sebelumnya, Kepala Dinas Kelautan  dan Perikanan Kabupaten Bima Ir. Rendra Farid  dalam laporannya menyampaikan ada 4 kategori penerima bantuan Bantuan barang/hibah, yaitu Nelayan, Pembudidaya, Pengolah dan Pemasar, serta Petambak Garam dengan total 28 penerima. 


Penyerahan secara simbolis bantuan tersebut kepada dari Kecamatan Langgudu, Bolo, Sape, Lambu, Donggo, Monta, Woha, dan Soromandi.


Peralatan yang diserahkan berupa 15 unit trammel net, 19 unit warring, 14 unit pelampung, 12 unit coolbox berkapasitas 100 liter, 3 unit coolbox marina, 120 kg tali rumput laut, 120 kg pakan ikan, 1 unit tabung oksigen, 2 unit chest freezer, 1 unit panci presto, 2 wajan, 1 unit blender dan masing-masing 1 unit Gudang Garam berkapasitas 100 ton yang berada di Sanolo-Bolo dan Donggo Bola-Woha.

Hendro 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar