res

Desa Lanci jaya membangun infrastruktur penggilingan padi - Cakrawala Online

Breaking

Cakrawala Online Hari ini

Kades taloko Kec.Sanggar Kab.Bima, Dialog Dengan Tokoh Pemuda

20 Desember 2022

Desa Lanci jaya membangun infrastruktur penggilingan padi

 


Dompu- Cakrawalaonline, Desa Lanci Jaya Kecamatan Manggelewa, Kab.Dompu NTB, membangun infrastruktur penggilingan padi , untuk mendukung program  kegiatan katahanan pangan dan daya dukung surplus beras terbanyak di Kab.Dompu khususnya Manggelewa.

Dalam rangka pengembangan ketahanan pangan  melalui  pengelolaan surplus beras pada gabungan kelompok tani( gapoktan ) dengan nilai ekonomi masyarakat semakin meningkat, apabila Gapoktan, bisa melaksanakan  program dengan sebaik baiknya untuk meningkatkan ekonomi masyarakat Manggelewa khususnya Desa Lanci Jaya,  Kadis  ketahanan pangan Kab.Dompu Ir.Ruslan berharap , dengan adanya surplus beras di Lanci jaya , artinya sudah  terintegrasi program jara pasaka tandasnya.

   Pada kesempatan tersebut Pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian membangun sarana pendukung penggilingan padi di Desa Lanci Jaya Kecamatan Manggelewa Kab.Dompu NTB,  pembangunan penggilingan padi tersebut  menelan biaya  anggaran  sebesar 1 M.

     Melalui Dana hibah prosesnya  merujuk pada pos  anggaran dana  alokasi khusus( DAK) tahun 2022, dan diperuntukan gabungan kelompok tani(Gapoktan). Kepala dinas Ketahanan pangan melalui Kabid ketahanan pangan menjelaskan  Prosesnya dana 1 M terdiri dari sublayer yang di kelola oleh Gapoktan, sementara katalog yang dilakukan oleh LP, adalah kewenangan pejabat yang membuat komitmen yang berwewenang untuk melakukan pembentukan anggaran yang terdiri dari 540, untuk visik, dan 420 untuk pengadaan mesin ungkap Kabid ketahanan pangan di ruang kerjanya 19/12/22.

Proses  infrastuktur pembangunan penggilingan padi di Desa Lanci Jaya empat itiem : _  lantai jemur _ bangunan supdrayer , - bangun RM. Dalam konteks kegiatan tersebut kadis ketahanan pangan melalui Kabid, ketahanan pangan menuturkan dari anggaran 1 m untuk kelengkapanya, ada dana operasional pendampingan dari Pemda antra lain diperuntukan Gapoktan , menunjang pembelian gabah, beras, dan pengembamagan di jual pada masyarakat dengan harga yang wajar. Juga dana pendamping lainya kelengkapan, dalam perjalanan dinas kelapangan, biaya rapat dan sosialisasi masyarakat, serta reviu inspektorat tandasnya.zun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar