res

Diduga Cemari Lingkungan Sebuah Tambak Udang di Pemalang Akhirnya Ditutup - Cakrawala Online

Breaking

Cakrawala Online Hari ini

Kades taloko Kec.Sanggar Kab.Bima, Dialog Dengan Tokoh Pemuda

29 Desember 2022

Diduga Cemari Lingkungan Sebuah Tambak Udang di Pemalang Akhirnya Ditutup



Pemalang - cakrawalamerdeka.com, Rabu(28/12), pihak DPRD Kabupaten Pemalang melalui Komisi B menerima perwakilan warga desa Pesantren dusun Sidomulyo di ruang badan anggaran terkait permasalahan tambak udang jenis Vaname yang dipersoalkan oleh warga desa setempat karena dianggap mengakibatkan pencemaran dan kerusakan lingkungan.


Audiensi antara para pihak terkait dengan tambak udang Vaname tersebut dipimpin oleh Ketua Komisi B, Fahmi Hakim(PPP), didampingi beberapa anggota Komisi B, antara lain: Bambang Setijono(PDIP), Subur Musoleh(PKB), Yaningsih(PPP), Rismanto(Partai Golkar), Wardoyo(Partai Gerindra), dan Rina Tiyastuti(PKS), serta dihadiri kepala dinas terkait, seperti: Raharjo(Kasatpol.PP), Khaeron(Kepala DPMPTSP), Joko Sutrisno(camat), Riyanto Atmojo(Perwakilan PTPN IX), juga Susmono(Perwakilan dari BPN).


Setelah dilakukan dialog antar pihak, maka DPRD Kabupaten Pemalang melalui Ketua Komisi B, Fahmi Hakim merekomendasi penutupan tambak udang Vaname yang ada di desa Pesantren dusun Sidomulyo.


''Setelah kami mendengarkan dari perwakilan warga dan dinas terkait(DPMPTSP) yang menyatakan tambak udang Vaname di desa Pesatren dusun Sidomulyo, tidak berijin alias Ilegal, maka kami merekomendasi pada pihak Pemda. Pemalang untuk menutup tambak tersebut,'' Tandas Fahmi yang disambut tepuk tangan dari perwakilan warga.


Fahmi selaku pihak DPRD Kabupaten Pemalang menanyakan pada pihak Pemda melalui dinas terkait, dalam hal ini Satpol.PP. apa sudah siap menindak-lanjuti keputusan bersama, Kasatpol.PP. pun menjawab siap.


''Rencananya besok(hari ini, Kamis, 29/12) kami akan menutup tambak udang Vaname dengan memasang papan larangan melakukan aktifitas di atas tambak tersebut,'' Ucap Raharjo(Kasatpol.PP).


Sedangkan dari perwakilan dinas lingkungan hidup, menyatakan akan mengecek langsung ke lapangan terhubungan dengan pencemaran dan kerusakan lingkungan yang dikeluhkan warga desa Pesantren dusun Sidomulyo.


''Harapan kami, sama seperti harapan warga desa Pesantren dusun Sidomulyo agar lingkungan kembali baik,'' Ujarnya.


Dari perwakilan PTPN IX sebagai pemilik lahan, Riyanto Atmojo berjanji akan melaksanakan keputusan bersama yakni menutup tambak karena dianggap warga mencemari lingkungan.


''Sesuai dengan keputusan dari mitra kami yakni PT. PAS Desa pada saat pertemuan di balai desa Pesantren, akan menutup tambak, maka kami tinggal menindak-lanjutinya,'' Kata Riyanto.


Seusai Audiensi, Ketua Komisi B, Fahmi Hakim beserta para pihak, menemui warga desa Pesantren dusun Sidomulyo yang menunggu hasil Audiensi.


Bertempat di Bale Rakyat yang terletak di depan gedung paripurna, Ketua Komisi B didampingi sejumlah anggotanya dan para pihak terkait, menyampaikan hasil Audiensi yakni merekomendasi penuutupan tambak udang Vaname di desa Pesantren dusun Sidomulyo.


''Mpun Bombong(lega)?'' Tanya Fahmi pada warga desa Pesantren dusun Sidomulyo, dan dijawab warga dengan teriakan: ''Bombong(Lega)!''

Pertemuan diakhiri dengan Lantunan Sholawat sambil saling berjabat tangan antara para pihak dengan warga desa Pesantren dusun Sidomulyo.


(Reporter: slametsbl)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar