res

Berikut Tips Mengusir Ular Masuk Dalam Rumah Yang Sedang Marak Di Sosmed - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar PT Cakrawala Merdeka Mediatama Group Mengucapkan Selamat Hari Bank Indonesia 5 Juli 2024

Breaking

24 Februari 2023

Berikut Tips Mengusir Ular Masuk Dalam Rumah Yang Sedang Marak Di Sosmed



Cakrawalaonline, Ular adalah kelompok reptilia tidak berkaki dan bertubuh panjang, yang secara ilmiah dikelompokkan dalam satu sub-ordo, yaitu Serpentes dan juga merupakan anggota dari ordo Squamata bersama dengan kadal. 

Ular yang tiba-tiba muncul tentu bisa membuat penghuni rumah panik dan ketakutan. 

Apalagi, ular merupakan golongan reptil berbahaya dan bisa mengancam nyawa manusia. Meski ada jenis ular tak berbisa, gigitan ular tetap menimbulkan rasa sakit, serta memar hingga bengkak. 

Belum lagi lilitan kuat dari ular tak berbisa yang sama berbahaya dengan gigitan ular.

Oleh karena itu, untuk mencegah kecelakaan akibat gigitan ular, berikut ini adalah beberapa tips mengusir ular yang dapat dilakukan

1. Jaga kebersihan lingkungan

Ular cenderung suka berkeliaran di tempat-tempat yang kotor dan berantakan. Oleh karena itu, sebelum menjadi tempat singgah atau sarang bagi ular, sebisa mungking untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar rumah. Cara sederhananya bisa dimulai dengan membuang sampah pada tempatnya dan membersihkan rumput liar di sekitar rumah.

2. Gunakan repellent ular

Repellent ular adalah produk yang dapat digunakan untuk mengusir ular dari sekitar rumah. Produk ini biasanya berbentuk semprotan atau kertas yang telah dilapisi dengan bahan kimia yang dapat mengusir ular.

3. Gunakan aroma yang tidak disukai ular

Ular tidak menyukai aroma tertentu seperti bau cengkeh, bawang putih, minyak kayu putih, atau asap rokok. Kamu bisa memanfaatkan aroma-aroma tersebut dengan menempelkan bawang putih atau cengkeh di sekitar rumah atau membakar kayu agar mengeluarkan asap yang dapat mengusir ular.

4. Buat tembok penghalang

Jika ada dana, buat lah tembok penghalang untuk mengusir ular. Tembok ini bisa dibuat dari bata, batu, atau bahan lainnya yang kokoh. Buat tembok ini di sekitar rumah atau area yang sering dilalui oleh ular. Tips ini mungkin berguna bagi kamu yang tinggal berdekatan dengan sungai.

5. Gunakan alat pemukul

Jika kamu melihat ular yang masuk ke dalam rumah, kamu bisa menggunakan alat pemukul ular yang terbuat dari kayu atau besi. Pastikan menggunakan alat tersebut dengan hati-hati. Jika tidak yakin, sebaiknya jangan dilakukan.

6. Panggil tim Damkar

Melanjuti tips sebelumnya, jika kamu merasa kesulitan untuk mengatasi ular sendiri, segera hubungi tim penanganan ular atau petugas pemadam kebakaran (Damkar). Mereka memiliki peralatan khusus untuk menangani ular dan dapat membantu mengusir ular dari sekitar rumah.

Dengan mengikuti beberapa tips di atas, kamu dapat mengusir ular dari lingkungan sekitar rumah dengan lebih aman dan efektif. Namun, jika berhadapan dengan ular yang berbahaya dan berbisa, seperti kobra, sebaiknya segera hubungi petugas terkait untuk mengatasi masalah tersebut. SA : JNews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar