res

Desa Wawonduru Diterjang Banjir Bandang Ratusan Juta Kerugian Masyarakat - Cakrawala Online

Breaking

Cakrawala Online Hari ini

Militer Amerika - Korsel Pamerkan Teknologi dalam Latihan Bersama

14 Februari 2023

Desa Wawonduru Diterjang Banjir Bandang Ratusan Juta Kerugian Masyarakat



Dompu-Cakrawalaonline,Akibat diterjang  Banjir Bandang, yang terjadi di Desa Wawonduru  ratusan hektar sawah tidak dapat panen akibat meluapnya sungai dam laju , sehingga terjadi banjir bandang, masyarakat mengalami kerugian ratusan juta rupiah, karena hilangnya ekonomi mereka akibat dibawa arus banjir, kejadian Senin, 13 Februari 2023, WAT. 

Kejadian banjir di Kecamatan Woja tahun ini  meluap mulai mengepung 7 Dusun induk di Desa Wawonduru yakni Dusun Maria timur , barat, Dusun ntori, tato baka dan bolonduru.


Sementara wilayah terparah akibat banjir, terjadi di Dusun Rato Baka, dimana ketinggian banjir dipemukiman warga mencapai 1 meter, sedangkan dijalan raya setinggi perut orang dewasa.



Akibat banjir bandang, wilayah Desa Wawonduru terisolasi bahkan berdasarkan pengakuan warga, terdapat sejumlah kepala keluarga yang terpaksa mengungsi ke tempat yang aman. Akibat  terisolasi banjir bandang sehingga antrian kendaraan mulai jembatan  Wawonduru mencapai 1 kilo meter, dan  cabang Cakra - hingga rumah H.Hadin.

Menurut Sumardin banjir bandang terjadi akibat meluapnya tiga sungai di Kabupaten Dompu yakni sungai silo, sungai laju dan sungai ranggo sehingga aliran ketiga sungai tersebut bermuara di Desa Wawonduru hingga menyebabkan Desa Wawonduru terkepung banjir bandang. 


Selain merendam kediaman warga, sejumlah kepala keluarga yang menetap dikebun sebelah timur Desa Wawonduru juga terisolasi akibat terkepung banjir, sehingga sekitar puluhan warga terpaksa bertahan dikediamannya sembari menunggu banjir surut.



"Ketinggian banjir pada 7 dusun ini bervariatif, namun terparah di Dusun Rato Baka dengan ketinggian air dipemukiman warga mencapai 1 meter lebih, sedangkan dijalan raya setinggi perut orang dewasa,"kata Sumardin.

Hingga berita ini diturunkan, arus transportasi di Desa Wawonduru masih lumpuh total, dan kini banjir mulai meluas ke wilayah Dusun Bolonduru dan Dusun Tembakolo, dimana sekitar ribuan hektar areal persawahan tertanam padi disapu banjir, warga mengalami kerugian ratusan juta rupiah.


Sementara hasil pantauan media ini di wilayah lain yakni di Lingkungan Magenda dan Soriwono Kelurahan Potu, Kelurahan Bali Satu dan Lingkungan Kotabaru Kelurahan Bada Kecamatan Dompu, banjir mulai meluap sekitar pukul 16.20 wita, warga hanya bisa pindahkan alat alat rumah tangga .



Sedangkan diwilayah Kecamatan Woja, banjir meluap dipemukiman warga Kelurahan Kandai Dua, Baka Jaya dan Desa Wawonduru, namun wilayah terparah terjadi di Desa Wawonduru dan Kelurahan Kandai Dua, yang banyak terancam kerugian ratusan juta rupiah. Alhamdulillah 

Beruntung dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa hanya saja kerugian meteri warga ditaksir sekirar ratusan juta rupiah. Namun warga juga mengaku belum ada pihak terkait yang turun ke lokasi untuk menyalurkan bantuan emergency termasuk BPBD dan Tagana juga tidak terlihat sejak banjir pukul 17.00 wita.


Selain merendam ribuan rumah warga pada dua Kecamatan, banjir bandang juga merendam sejumlah tempat ibadah, sekolah dan fasilitas lain.(Zun/Hendro).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar