res

Musrenbang Tambora 2023, Rencanakan Pembangunan Dermaga Perikanan - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar Redaksi Cakrawala Media Group Mengucapkan Selamat Hari Raya Idhul Fitri 1 Syawal 1445 H

Breaking

Cakrawala Online Hari ini

Babinsa Desa Dorokobo, dan Kades Mansyur himbau jaga keamanan lingkungan

06 Maret 2023

Musrenbang Tambora 2023, Rencanakan Pembangunan Dermaga Perikanan


Tamboara, Bima - Cakrawalaonline, Tambora salah satu Kecamatan yang memiliki sumber daya alam , laut dan potensi wisata, yang harus dikelola secara proposional , namun tidak didukung oleh potensi SDM yang handal.


Di luar konteks  rapat,  kepala bapeda   mengajak warga Tambora untuk di perdayakan potensi sumberdaya laut misalnya untuk meningkatnya pendapatan rumah tangga , selama ini pemerintah menilai hasil bumi, dan hasil laut dapat menambah peningkatan ekonomi Kab.Dompu. 


Masyarakat harus perdayakan potensi pasar dengan sistim program sejuta ikan karena Tambora memiliki sumber daya laut yang bisa menghasilkan ikan tunang yang akan di ekspor ke luar negeri.


Untuk menunjang  program tersebut Dinas perikanan dan kelautan mendorong masyarakat dengan melakukan Diklat dan dukungan dana UMKM/KUR kerja sama dengan perbankan. 


Pada kesempatan yang sama kades Kawinda Na,e Haerudin minta beronjolan pantai agar tidak terkikisnya abrasi air laut, maka dari itu untuk mengantisipasinya Haerudin harapkan agar pemerintah membangun dermaga  perikanan tempat pelelangan ikan( TPI), tandasnya.


Untuk meningkatnya pendapatan hasil pertanian dan perkebunan, kades oi bura canangkan  program pengaspalan jalan , Kades Kawinda to,i  Iskandar melakukan pemekaran dusun , RT dan RW dalam rangka mempercepat proses pelayanan  adminstrasi, ujarnya.

  

Kades Labuan Kananga Sutakcim , dalam rangka membantu masyarakat yang terdampak ekonomi lemah yang tidak mampu pasang listrik , kades melakukan pemasangan listrik masyarakat Doro lede  sekitar 35 pelanggan , untuk membantu putra putri warga belajar masyarakat Doro  lede, yang selama ini hanya 12 orang pelanggan yang menikmati aliran listrik.Zun .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar