res

Ratusan Warga Keracunan Usai Datang Ke Hajatan - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar Redaksi Cakrawala Media Group Mengucapkan Selamat Hari Jadi Kabupaten Grobogan ke 298

Breaking

Cakrawala Online Hari ini

Dandim 1614/Dompu membuka paksa pemblokiran jalan lintas Sumbawa Bimaa

01 Maret 2023

Ratusan Warga Keracunan Usai Datang Ke Hajatan


Cakrawalaonline, Ratusan warga di Desa Wangunsari, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, mengalami keracunan. Mereka diduga mengalami keracunan setelah mengonsumsi makanan dalam hajatan salah satu warga di desa tersebut, Minggu (26/2/2023).

Kepala Desa Wangunsari Diki Rohani memaparkan, hingga Selasa (28/2/2023) pukul 12.00, lebih dari 200 warga tercatat mengalami gangguan kesehatan dalam dua hari terakhir. Warga mulai melaporkan gangguan kesehatan sejak Senin dini hari dan jumlahnya terus bertambah sepanjang hari.

Gangguan kesehatan itu meliputi mual serta pusing, muntah, hingga diare. Diki menduga, sebagian besar warga melaporkan gangguan kesehatan setelah mengonsumsi makanan saat hajatan dari salah satu warga di desa tersebut.

”Dari laporan warga, hajatan ini berlangsung terbuka, artinya tanpa undangan khusus, jadi tidak ada jumlah pasti. Namun, dari yang kami amati, orang yang ikut hajatan ini bisa saja lebih dari 500 warga,” ujarnya.


Dari dugaan itu, Dinas Kesehatan (Dinkes) Bandung Barat mengumpulkan sampel makanan yang diduga menjadi penyebab ratusan warga mengalami gejala keracunan. Selain sampel makanan, Dinkes membawa sampel air yang digunakan warga untuk mengolah sajian makanan di gelaran pesta pernikahan warga.


Sampel itu kemudian dibawa ke laboratorium kesehatan daerah (Labkesda) untuk diketahui kandungan bakteri yang menyebabkan keracunan massal. Bupati Bandung Barat Hengki Kurniawan mengatakan, hasil uji laboratorium sampel makanan dan air yang dikirim ke Labkesda itu nantinya akan menjadi petunjuk apa penyebab dari kejadian luar biasa tersebut.

"Kita belum tahu hasil uji laboratoriumnya. Kita pastikan dulu hasilnya dalam 3 hari ke depan, apakah ini dari nasinya, atau kesimpulannya ternyata dari air," ujar Hengki saat ditemui di RSUD Lembang, Selasa (28/2/2023). SA : Kompas.id


Tidak ada komentar:

Posting Komentar