res

Kandang sapi di Desa Tolokalo belum di manfaatkan secara optimal - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar Redaksi Cakrawala Media Group Mengucapkan Selamat Hari Jadi Kabupaten Grobogan ke 298

Breaking

Cakrawala Online Hari ini

Bermain Di Embung 2 Bocah di Pulokulon Tewas Tenggelam

25 Mei 2023

Kandang sapi di Desa Tolokalo belum di manfaatkan secara optimal



Dompu-Cakrawalaonline, Kandang sapi yang berdiri di bangun di atas lahan lebih kurang 50 are,     posisi pada fasilitas umum desa tolokalo kecamatan Kempo Kab.Domp NTB, belakangan ini, belum di manfaatkan secara optimal karena belum ada bantuan bibit sapi dari Unhas Sulsel, Masih mimpi. 

   Sekda Dompu atas nama Pemerintah saat di  mintai tanggapan menjelaskan tidak tau persis masalahnya, Tidak serta Merta sekda tau, pak sekda sebatas administrasi Daerah ujarnya. Namun sekda Gatot Gunawan perantauan putra SKM M.kes, telah berkoordinasi dengan Kabid peternakan dan kesehatan hewan, terkait dengan kandang itu di buat tahun 2022 lalu, di peruntukan kepada bumdes desa Tolokalo Kecamatan Kempo, karena bumdes saat ini telah menyediakan anggaran untuk usaha penggemukan sapi , dan penanaman rumput  pada lahan fasilitas umum, sekitar 12 ha, diareal kandang tersebut. Saat ini telah duji coba penanaman namun gagal, hanya saja sedang dalam proses pemagaran, memang benar elum di manfaatkan karena petani ternak masih menunggu bantuan air sumur bor ke dinas peternakan dan kesehatan hewan tandasnya.

Kita semua berharap kandang tersebut bisa dimanfaatkan secara optimal sembari menunggu pakan yang tumbuh , karena petani ternak tolokalo telah berusaha sedapat mungkin untuk memperbaiki situasi dan kondisi kandang tersebut.

    Pada kesempatan tersebut bendahara bumdes Desa Tolokalo M.Hasan  membenarkan adanya uahasa ternak oleh bumdes, saat ini dalam taraf proses pemagaran dan rencana penanaman pakan ternak, dalam hal ini tujuan untuk mengendalikan keadaan ekonomi masyarakat dan sekaligus pak kades mengajak masyarakat untuk meningkatkan hasil ternaknya tandasnya, secara pribadi kades telah berusa ternak bahkan sudah antar ternaknya ke p.jawa jelas Hasan. ( Zun).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar