res

Memerdekakan Belajar Siswa dengan Pameran Gelar Karya - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar Redaksi Cakrawala Media Group Mengucapkan Selamat Hari Jadi Kabupaten Grobogan ke 298

Breaking

09 Mei 2023

Memerdekakan Belajar Siswa dengan Pameran Gelar Karya



Temanggung- Cakrawalaonline,  (SMA MUHAMMADIYAH 1 TEMANGGUNG) – Untuk memberikan kesempatan kepada peserta didik mengekpresikan diri sebagai hasil pembelajaran, SMA MUHAMMADIYAH 1 TEMANGGUNG  mengadakan Gelar Karya Ke 2 dan ke 3,  Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) . Kegiatan tersebut untuk kelas X karena menggunakan Kurikulum Merdeka. Kegiatan ini dilaksanakan di halaman Gedung Pemuda pada hari sabtu 6 Mei 2023


Tujuan kegiatan P5 untuk peserta didik adalah 

1. melaksanakan program dari pemerintah, juga menggali informasi, menumbuhkan kreativitas, menggali potensi-potensi peserta didik guna membuktikan secara bebas, merdeka serta mengaktualisasikan dan juga mengimplementasikan sampai dengan sebuah karya sesuai dengan penerapan P5.

2. mendapatkan pembelajaran lintas disiplin ilmu, untuk dapat mengamati dan memikirkan solusi terhadap sebuah permasalahan di lingkungan sekitar," 


Tema Projek ke 2 ini adalah kewirausahaan dengan keteladanan “jajanan Temangung Mendunia” Dimensi yang diambil adalah gotong royong dan berfikir kritis. Sedangkan Tema Projek ke 3 adalah Kearifan lokal dengan subtema "Nguri Uri budoyo Temangungan" dengan tujuan melestarikan budaya daerah sekitar. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa kelas X sejumlah 144 Peserta didik yang dibagi menjadi 20 kelompok kewirausahaan dengan nama kelompok menggunakan nama chef Indonesia, sedangkan untuk kelompok kearifan lokal menggunakan nama Seniman indonesia terbagi menjadi 10 kelompok. Setiap kelompok membuat produk masing-masing yang menarik dari daerah sekitar temanggung untuk dipasarkan. Alhamdulillah semua produk siswa dapat terjual habis semua. Sedangkan untuk Kearifan lokal, peserta didik menampilkan kesenian daerah sekitar seperti kudang lumpung, tipeng ireng, warokan, sorengan, idakep, dll.


Kepala Sekolah Ibu Eni Nur Rofi'ah S.Pd M.M dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai pengalaman baru bagi siswa. “Proyek ini memberi pengalaman kepada siswa untuk berwirausaha. Pengalaman ini sangat berharga bagi siswa pada kehidupan nyata,” ujarnya.


Sementara Waka Kurikulum, Santi Fira Novia, S.Pd. mengaku sangat terkesan dengan agenda Gelar Karya ini. “ Acara sangat meriah dan sukses. kami mengundang tamu kedinasan, Majelis dikdasmen Kab.TMG, PDM juga seluruh orang tua peserta didik kelas X, Komite SMA Muhammadiyah 1 Temanggung. Kami juga melibatkan alumni di kegiatan Gelar karya ini. Seluruh tamu undangan mengunjungi stand gelar karya kewirausahaan dan mereka sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. (ariesta)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar