res

Warga Pesalakan Tutup TPA, Plt. Bupati Pemalang Segera Tangani TPA - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar Redaksi Cakrawala Media Group Mengucapkan Selamat Hari Jadi Kabupaten Grobogan ke 298

Breaking

13 Mei 2023

Warga Pesalakan Tutup TPA, Plt. Bupati Pemalang Segera Tangani TPA



Pemalang - Cakrawala Online, Kamis (11/5), ribuan warga dusun Pesalakan desa Pegongsoran, Kabupaten Pemalang, ramai-ramai menutup akses jalan menuju Tempat Pembuangan Akhir(TPA) sampah di wilayahnya.


TPA yang merupakan satu-satunya(untuk saat ini) tempat pembuangan sampah di Kabupaten Pemalang yang dikeluhkan warga sekitar TPA karena baunya yang menyengat dan secara kasat mata memang nampak sudah ''Over Capacity''.


Warga melalui Koalisi Kawali Indonesia Lestari yang dikoordinatori oleh Andi Rustono didampingi seorang pengurus DPD Kawali Kabupaten Pemalang, Edi, menyuarakan aspirasi warga dusun Pesalakan desa Pegongsoran, dimana garis besar tuntutan yakni: meminta pemda. Pemalang untuk melakukan pembenahan TPA dan menghendaki dicarikan tempat lain selain TPA Pesalakan yang telah ''Over Load''.


Saat dilaksanakan Audiensi dengan Plt. Bupati Pemalang, Mansur Hidayat, disaksikan sejumlah pejabat yang hadir di TPA Pesalakan, diantaranya: Plt. Kadis.LH; Sukisman, Camat Pemalang; Sis Muhamad, Kapolsek. Pemalang; A. Ghofur, dan para pihak yang terkait, Mansur menyatakan pemda akan mendatangkan alat berat(Eskavator) untuk membenahi sampah yang ada di TPA Pesalakan.


''Hari Sabtu(13/5) kami akan datangkan alat berat untuk membenahi sampah yang ada disini, selain itu kami juga akan mencari tempat lain untuk menampung sampah, sehingga tidak hanya dibuang di TPA Pesalakan, tetapi dapat dibuang di tempat lain, jadi tidak menumpuk disini, namun itu butuh waktu,'' Ucap Mansur.


Janji Plt. Bupati Pemalang, Mansur yang akan mendatangkan alat berat guna pembenahan sampah di TPA Pesalakan, disepakati oleh Korlap. Pendemo, Andi Rustono setelah mendapat persetujuan dari warga.


Meski demikian, ternyata warga tetap ''Kekeuh'' menutup TPA sampai pembenahan TPA Pesalakan benar-benar dilakukan oleh pihak pemda. Pemalang.


Ketika Cakrawala Online menanyakan bagaimana dan akan dibuang kemana sampah dari hari senin(11/5) sampai hari Sabtu(13/5) karena warga bersikukuh tetap menutup TPA yang berada di dusun Pesalakan desa Pegongsoran, Plt. Bupati Pemalang, Mansur Hidayat menyatakan pihaknya sudah mempunyai tempat pembuangan sampah sementara selama TPA Pesalakan ditutup warga.


''Yakni di wilayah desa Sodong Basari,'' Ujar Mansur.


Seusai Audiensi, Plt. Bupati Pemalang, Mansur Hidayat bersama pejabat terkait dan diantar ribuan warga yang berdemo, melihat dari dekat rumah warga rt.01 dan rt.02 rw.03 yang dekat dan terdampak sampah TPA Pesalakan.


Penyampaian aspirasi pun berakhir aman dan damai.


(Reporter: slametsbl)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar