res

Keberhasilan Pertanian Kabupaten Grobogan Raih Penghargaan Tingkat Nasional - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar Redaksi Cakrawala Media Group Mengucapkan Selamat Hari Jadi Kabupaten Grobogan ke 298

Breaking

Cakrawala Online Hari ini

Bermain Di Embung 2 Bocah di Pulokulon Tewas Tenggelam

10 Juni 2023

Keberhasilan Pertanian Kabupaten Grobogan Raih Penghargaan Tingkat Nasional



Grobogan-Cakrawalaonline, Kini masyarakat Kabupaten Grobogan Jawa Tengah boleh berbangga hati atas prestasi yang terukir di bidang pertanian sehingga Grobogan menyandang gelar sebagai penyangga pangan nasional.

Atas prestasi tersebut Bupati Grobogan Sri Sumarni menerima penghargaan dari Presiden RI berupa Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya yang diberikan di Kota Padang Sumatera Barat dalam Acara PENAS Petani Nelayan ke XVI, Sabtu (10/6).


Dalam acara tersebut, Bupati Grobogan didampingi Kepala Dinas Pertanian Grobogan DR. Sunanto.



Sebagaimana diketahui Kabupaten Grobogan saat ini menjadi salah satu Penyangga Pangan Nasional. Produksi Padinya berada pada urutan ke 7 nasional. Sedangkan Produksi Jagung dan Kedelai menjadi yang terbesar dalam skala Nasional.



Bupati Grobogan Sri Sumarni tengah menerima Tanda Kehormatan Nasional dari Presiden RI melalui Menteri Pertanian RI.

Beberapa Inovasi yang dikembangkan Bupati Grobogan adalah Rumah Kedelai Grobogan (RKG), dan Rat Hunter.


RKG menjadi pusat pengembangan kedelai secara komprehensif. Yakni memiliki beberapa bidang, seed center, training center, Rumah Tempe dan Tahu Higiena serta Resto Yang didominasi bahan baku kedelai lokal Non-GMO “Ujar Dr Sunanto Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Grobogan.

 Selanjutnya keberhasilan RKG ini ditandai dengan terus meningkatnya kedelai di Kabupaten Grobogan. Selain itu, saat ini sebagian besar benih kedelai yang tersebar di Indonesia berasal dari Kabupaten Grobogan, utamanya Kedelai Varietas Grobogan.



Tak kalah pentingnya, Rat Hunter pun menjadi inovasi yang jitu dalam mengendalikan hama tikus yang sangat mengganggu produksi pertanian. Saat ini, terdapat sekitar 1.500 Rumah Burung Hantu yang tersebar di Kabupaten Grobogan.


Keberhasilan RKG dan Rat Hunter menjadi referensi bagi daerah lain untuk menirunya. Bahkan dari Beberapa Kementerian pun juga ikut berkunjung.


Bupati Grobogan menyampaikan terimakasih kepada Presiden Republik Indonesia atas Penghargaan ini. Semoga akan menjadi penyemangat bagi Kabupaten Grobogan untuk terus meningkatkan produksi pangan. Serta menginspirasi daerah lain untuk meningkatkan ketahanan pangan. Ng


Tidak ada komentar:

Posting Komentar