res

Warga Sorinomo bangun masjid melekat gotong royong dan swadaya - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar PT Cakrawala Merdeka Mediatama Group Mengucapkan Selamat Hari Bhayangkara ke 78,1 Juli 2024

Breaking

Cakrawala Online Hari ini

Polres Lahat Melaksanakan Penyembelian Hewan Qurban 1445 H tahun 2024 masehi

11 Juni 2023

Warga Sorinomo bangun masjid melekat gotong royong dan swadaya

 


Dompu Cakrawalaonline, Masyarakat Desa Sori Nomo Kecamatan pekat Kab Dompu NTB, sekilas catatan sejarah kehidupan ekonomi di era tahun 1992, masih dalam standar garis kemiskinan, ekonomi minim, apalagi mau membangun rumah ibadah yang berdiri kokoh megah, sementara makanan relatif kekurangan. Dengan adanya proyek ifad mendorong warga untuk menanam mente akhirnya ekonomi warga mulai berkembang. 

    Fenomena kehidupan yang telah berubah kini membangun kehidupan ekonomi rata rata klas menengah dengan adanya proyek PT SMS, kini potret kehidupan dan rumah warga hampir seluruh membangun di atas areal 25 are yang ukuran 10x10 saat di pantai langsung wartawan 9-6-23.

   Merujuk kepada pembangunan masjid tinggal kubanya saja , membangun masjid secara swadaya dan melekat kehidupan gotong royong. Masjid yang berdiri megah menelan biaya  milyaran rupiah, kepala desa supardin menjelaskan tentang kinerja rakyat membangun rumah ibadah, dengan cara cicilan pake harga tebu dari PT.sms, rata rata warga mengumpul dana cicilan 2 juta/KK.

   Selanjutnya dapat dibantu oleh dana desa khusus kubanya 135 juta , PAD desa 20 juta, hampi 70- 80 juta/ tahun. 

Menyinggung dana bumdes jumlah 120 juta, menurut bendahara Rido, kepada wartawan menjelaskan dana bumdes  digunakan saporadis, seperti barang barang petani, obat obatan, bibit dll, untuk pembelian kebutuhan  masyrakat dan bayar kes , juga  cicilan setelah panen tebu dan jagung ujar Rido. Zun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar