res

Antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan, Berikut Upaya yang Dilakukan Polres Jepara - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar PT Cakrawala Merdeka Mediatama Group Mengucapkan Selamat Hari Bank Indonesia 5 Juli 2024

Breaking

Cakrawala Online Hari ini

Dandim 1614/Dompu Berbagi Jaket Para Perwira, Tam Tama dan PNS.

23 Agustus 2023

Antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan, Berikut Upaya yang Dilakukan Polres Jepara

JEPARA – Cakrawalaonline, Kepolisan Resor Jepara ancang-ancang menghadapi kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Musim kemarau yang panjang ini dikhawatirkan bisa berimbas pada kebakaran hutan.

Terkait persoalan itu, jajaran Polres Jepara menggelar pertemuan di Aula Mapolres Jepara, Selasa (22/8/2023).

Pertemuan ini dihadiri Kepala BPBD Kabupaten Jepara  Arwin Noor Isdiyanto, perwakilan dinad kehutanan, Satpol PP, dinas pertanian, pejabat utama Polres Jepara dan perwakilan masing-masing dinas terkait. 

Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan mengatakan rapat koordinasi ini penting untuk mensinergikan gerak dan langkah dari seluruh pemangku kepentingan dalam pencegahan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di Kota Ukir. 

“Mari samakan persepsi dan menyinergikan gerak dalam penanganan kebakaran hutan dan lahan sebagai komitmen bersama untuk mencegah kebakaran,” ujarnya.

AKBP Wahyu Nugroho menjelaskan saat ini dunia sudah memasuki iklim kemarau atau kekeringan yang dapat berdampak pada kebakaran. Di wilayah Kabupaten Jepara terdapat beberapa lokasi yang terpantau kekeringan yang berpotensi terjadinya kebakaran.

“Dampak dari iklim El Nino ini cukup signifikan, makanya perlu diantisipasi bersama,” jelasnya.

Mantan Kapolres Sukoharjo ini juga mengajak berbagai stakeholder untuk mensosialisasikan dan memberikan edukasi kepada masyarakat agar lebih berhati-hati jika melakukan hal-hal yang berkaitan dengan api.

“Kita bisa bersinergi kepada kelompok masyarakat yang memiliki alat-alat tertentu untuk dapat membantu memadamkan apabila terjadi karhutla,” tandasnya.

Kabag Ops Polres Jepara Kompol Sutono menyampaikan rencananya akan dibentuk satgas siaga bencana, pemetaan daerah rawan bencana khususnya karhutla dan penguatan kegiatan sosialisasi terkait antisipasi kebakaran ini.

Sementara itu, Kepala BPBD Kabupaten Jepara Arwin Noor Isdiyanto mengatakan ancaman karhutla di wilayah Kabupaten Jepara juga lantaran cuaca yang tergolong. 

BPBD Jepara siap bekerjasama dengan stakeholder terkait untuk bersama-sama mencegah karhutla di wilayah Kabupaten Jepara. Cl – Sumber : Tribunjateng.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar