res

Hasil Survei Prabowo Jauh Ungguli Ganjar - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar Redaksi Cakrawala Media Group Mengucapkan Selamat Hari Raya Idhul Fitri 1 Syawal 1445 H

Breaking

01 Agustus 2023

Hasil Survei Prabowo Jauh Ungguli Ganjar



Jakarta- Cakrawalaonline, Hasil survei LSI Denny JA mencatat elektabilitas Ketua Umum Partai Gerindra yang kini juga Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto kian menjauhi bakal capres yang akan menjadi bakal rivalnya, Ganjar Pranowo.

LSI Denny JA membuat simulasi head to head atau duel antara Prabowo dan Ganjar yang merupakan kader PDIP sebagai dua nama teratas yang kerap muncul dalam sejumlah hasil survei soal capres.


Hasilnya, elektabilitas Prabowo sebesar 52 persen, Ganjar Pranowo 41,6 persen. Artinya, Prabowo mengungguli Ganjar dengan selisih elektabilitas mencapai 10,4 persen.



Bila ditilik ke belakang, angka selisih itu kian melebar dalam empat survei terakhir LSI Denny JA sejak Januari 2023 lalu.


Pada Januari, Ganjar sempat mengungguli Prabowo dengan selisih mencapai 4,6 persen. Pada Mei, Prabowo menyalip Ganjar dengan selisih 6,4 persen. Lalu menjauh pada Juni dengan selisih 7,2 persen, dan terakhir pada Juli menjadi 10,4 persen.


"Memasuki bulan Mei, Prabowo unggul versus Ganjar gap-nya 6,4 persen. Pada bulan Juni gapnya menjadi 7,2 persen, dan sekarang pada bulan ini mencapai dua digit sebesar 10,4 persen," kata peneliti LSI Denny JA, Hanggoro dalam paparannya, Senin (31/7).




Anggota Dewan Pakar Respons Sikap 38 DPD Tolak Munaslub Golkar

Hanggoro mengaku pihaknya memprediksi elektabilitas Prabowo akan terus menjauhi Ganjar. Menurut dia, elektabilitas Prabowo konsisten dalam beberapa bulan terakhir.


Pada Juli misalnya, ia merinci elektabilitas Prabowo mencapai 52 persen, selisih 10,4 persen dari Ganjar dengan 41,6 persen. Elektabilitas Prabowo terus naik dari semula 38,5 persen pada Januari, kemudian 44,5 persen pada Mei, dan 50,4 persen pada Juni.


Sedangkan Ganjar, sempat menyentuh angka tertinggi pada Juni dengan 43,2 persen lalu kembali turun pada Juli menjadi 41,6 persen.


"Ini adalah raihan yang cukup konsisten yang didapat oleh Prabowo dan apabila kondisi ini tidak berubah maka bisa saja ketika kita ketemu hari ini, mungkin saja trend-nya akan terus meningkat bagi keunggulan Prabowo," kata Hanggoro.


Pada survei terbaru tersebut, LSI Denny JA tak mengikutsertakan bakal kandidat capres favorit lainnya dari Koalisi Persatuan untuk Perubahan, Anies Baswedan.


Hanggoro mengungkap alasan tak menyertakan Anies dalam survei kali ini karena selalu berada di urutan ketiga dalam jajak pendapat yang dilakukan LSI Denny JA. Ia menyebut pihaknya lewat simulasi survei kali ini ingin memotret berbagai segmen dari dua capres terkuat bagi Prabowo dan Ganjar.


"Pasti muncul pertanyaan kenapa Anies tidak dimasukkan. Ini pertanyaan penting. Tapi salah satunya Anies kebetulan dalam setahun terakhir juga konsisten tapi di konsisten di nomor tiga," kata dia.




LSI Denny JA Ungkap 4 Blunder Ganjar hingga Disalip Prabowo

Survei LSI Denny JA dilakukan pada 1-15 Juli 2023 dengan melibatkan 1.200 responden lewat wawancara tatap muka. Survei menggunakan metode multistage random sampling dengan margin of error +- 2,9 persen.


Keunggulan elektabilitas Prabowo dalam hasil survei juga tercatat dalam survei yang dirilis Indikator Politik Indonesia pada Minggu (23/7). Prabowo mengungguli dua pesaingnya, Ganjar dan Anies dalam empat simulasi. Mulai dari simulasi 34 nama semi terbuka.


Kemudian, dalam simulasi 19 nama semi terbuka; simulasi 10 nama, dan simulasi tiga nama. Dalam semua simulasi itu Prabowo selalu unggul dengan elektabilitas di atas 30 persen.


Hasil survei lembaga lain

Berbeda dengan temuan LSI Denny JA, pada hasil survei SMRC yang dirilis 13 Juli lalu mengungkap elektabilitas Prabowo (59 persen) berada di bawah Anies (61 persen) dan Ganjar (73 persen).


Sementara Indikator Politik Nasional pada survei yang digelar Juni pada 23 Juli lalu, lewat simulasi 34 nama semi terbuka, mencatat Prabowo unggul dengan perolehan 31,6 persen.


Prabowo unggul tipis dari Ganjar dengan 31,4 persen, dan Anies 17,6 persen. Terakhir di simulasi tiga nama, Indikator masih mendapatkan Prabowo unggul dengan perolehan 36,8 persen, disusul Ganjar 35,7 persen, dan Anies 21,5 persen. Dw- sumber: CNN



Tidak ada komentar:

Posting Komentar