res

Viral Sam'ani Intakoris Sekda Kudus Dipindahtugaskan Jadi Kepala Perpustakaan - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar Redaksi Cakrawala Media Group Mengucapkan Selamat Hari Jadi Kabupaten Grobogan ke 298

Breaking

Cakrawala Online Hari ini

Bermain Di Embung 2 Bocah di Pulokulon Tewas Tenggelam

03 Agustus 2023

Viral Sam'ani Intakoris Sekda Kudus Dipindahtugaskan Jadi Kepala Perpustakaan

 


  KUDUS-Cakrawalaonline, Kamis (03/08)

   Bupati Kudus, HM Hartopo, angkat bicara terkait viral di media sosial terkait mutasi jabatan Samani Intakoris dari Sekretaris Daerah (Sekda) Kudus menjadi Kepala Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Kudus. Menurut Hartopo, keputusan untuk melakukan mutasi jabatan itu sudah dijalankan sesuai aturan.

 

Hartopo juga membantah jika keputusan merotasi Samani Intakoris dari posisi Sekda ke Kepala Arsip dan Perpustakaan ada unsur politik. Menurutnya, mutasi atau rotasi jabatan itu dilakukan dengan berbagai pertimbangan, salah satunya lama masa jabatan.

 

“Masa jabatan Sekda kan sudah selesai. Sudah lima tahun. Sudah saatnya diganti. Jadi, enggak ada yang salah,” ujar Hartopo , Rabu (2/8/2023) malam.

 

Terkait latar belakang atau faktor kenapa dari Sekda Kudus kemudian ditempatkan menjadi Kepala Arpusda Kudus, Hartopo menegaskan tak ada alasan khusus. Ia mengatakan dari sekian banyak posisi kepala organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Kudus, hanya posisi kepala Arpusda dan Inspektorat yang mengalami kekosongan.

 

“Ya, karena sekarang yang kosong itu di Inspektorat dan Arpusda. Nah itu [Samani Intakoris] sudah sesuai tupoksi [tugas pokok dan fungsi], beliau pernah menjalankan tugas,” jelasnya.

 

Hartopo juga menengaskan jika dirinya tak terlibat atau cawe-cawe dalam penempatan atau mutasi Sekda Kudus, Samani Intakoris, menjadi Kepala Arpusda. Hal itu dikarenakan kebijakan terkait mutasi jabatan itu dijalankan sesuai peraturan dan teknis yang ada.

 

“Ini [mutasi Sekda ke Kepala Arpusda] sudah sesuai rapat panitia. Sudah ditentukan, [kaami] konsultasi juga ke KASN [Komite Aparatur Sipil Negara], Kemendagri [Kementerian Dalam Negeri], rapat panita. Enggak bisa Bupati gawe dewe [bikin sendiri] mutasi ke sana atau ke sini. Sudah sesuai peruntukan ini [mutasi],” tegasnya.

 

Lebih jauh, Bupati Kudus menyebut bila struktur organisasi jabatan Sekda di tingkat kabupaten/kota dengan kepala OPD atau kepala dinas tidak berbeda. Kedua posisi itu sama-sama dijabat oleh ASN dengan golongan atau jabatan Eselon II.

 

 

“Enggak [turun jabatan], kabupaten/kota kan Sekda masih sama [golongan jabatan] dengan kepala dinas [Eselon II]. Kalau di Provinsi beda, [Sekda] Eselon I,” tegasnya.

 

Diberitakan sebelumnya, pengangkatan Samani Intakoris menjadi Kepala Arpusda dilakukan di Pendapa Kudus, Selasa (1/8/2023), menuai perhatian publik setelah videonya beredar di media sosial (medsos) Tiktok. Hal ini karena ada yang menduga mutasi jabatan itu berbau politik menyusul penempatan posisi Samani Intakoris yang semula menjabat Sekda Kudus menjadi Kepala Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Kudus.

(dw-sumbersolopos.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar