res

GELAR KARYA PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) SMA MUHAMMADIYAH 1 TEMANGGUNG - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar PT Cakrawala Merdeka Mediatama Group Mengucapkan Selamat Hari Bhayangkara ke 78,1 Juli 2024

Breaking

Cakrawala Online Hari ini

Polres Lahat Melaksanakan Penyembelian Hewan Qurban 1445 H tahun 2024 masehi

20 September 2023

GELAR KARYA PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) SMA MUHAMMADIYAH 1 TEMANGGUNG

 


TEMANGGUNG - Cakrawalaonline, Beberapa dekade terakhir, tenaga pendidik dan praktisi pendidikan di seluruh dunia mulai menyadari bahwa mempelajari berbagai hal di luar kelas dapat membantu peserta didik berkembang dengan lebih baik. Mempelajari hal-hal di kehidupan sehari-hari dapat meningkatkan kepekaan dan kepedulian peserta didik terhadap lingkungan sekitarnya. Gagasan tentang pentingnya mempelajari hal-hal di luar kelas tersebut pernah disampaikan oleh Bapak Pendidikan Indonesia, bahwa 


“... perlulah anak-anak [Taman Siswa] kita dekatkan hidupnya kepada perikehidupan rakyat, agar supaya mereka tidak hanya memiliki ‘pengetahuan’ saja tentang hidup rakyatnya, akan tetapi juga dapat ‘mengalaminya’ sendiri , dan kemudian tidak hidup berpisahan dengan rakyatnya.” - Ki Hadjar Dewantara.

Pernyataan Ki Hadjar Dewantara tersebut tedengar sangat hangat dan mulia bagi pendidikan bangsa ini. Namun, dalam praktiknya hal tersebut belum dilakukan secara optimal dalam sistem pendidikan saat ini.  Oleh sebab itu, untuk mewujudkan cita-cita pendidikan bangsa tersebut, hadirlah Kurikulum Merdeka beserta inovasi-inovasi yang menyertainya dalam bentuk Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Projek tersebut merupakan salah satu sarana untuk mencapai berbagai target dalam Profil Pelajar Pancasila. Dalam praktiknya, projek tersebut diharapkan dapat memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk ‘mengalami pengetahuan’ sebagai sebuah proses penguatan karakter sekaligus sebagai bentuk belajar secara nyata dari lingkungan sosialnya. 

SMA MUHAMMADIYAH 1 TEMANGGUNG Provinsi Jawa Tengah _Hari Selasa,19 September 2013 melaksanakan kegiatan aksi nyata pembelajaran Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)

Tujuan kegiatan pembelajaran P5 untuk peserta didik adalah 

1. Melaksanakan program dari pemerintah, juga menggali informasi, menumbuhkan kreativitas, menggali potensi-potensi peserta didik guna membuktikan secara bebas, merdeka serta mengaktualisasikan dan juga mengimplementasikan sampai dengan sebuah karya sesuai dengan penerapan P5.

2. Mendapatkan pembelajaran lintas disiplin ilmu, untuk dapat mengamati dan memikirkan solusi terhadap sebuah permasalahan di lingkungan sekitar," 


Hadir dalam kegiatan ini adalah Ketua Majelis Dikdasmen Kabupaten Temanggung yaitu Bapak Drs. Mudiyono M.M., beserta 44 perwakilan orang tua peserta didik kelas X dan XI, perwakilan orang tua yang hadir adalah sebagai tamu undangan juga dilibatkan sebagai panitia kegiatan.

Tema 1 pembelajaran P5 bagi peserta didik kelas X pada Tahun Ajaran 2023/ 2024 adalah “BANGUNLAH JIWA RAGANYA Sub Tema Mencetak Generasi Muda dengan Budaya Hidup Sehat “DADU SEHAT” 

Dimensi yang kami tekankan adalah Bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, Bergotong royong dan bernalar kritis. Kegiatan diawali dengan sosialisasi dari LKP Pesona Prima.


Sedangkan tema 4 bagi peserta didik kelas XI adalah "SUARA DEMOKRASI" sub tema Suaramu Aspirasimu yaitu pemilihan Calon Presiden dan wakil Presiden, melalui kegiatan ini diharapkan seluruh peserta didik memahami bagaimana alur pemilihan Presiden dan wakil Presiden. Sebagai awal dari kegiatan P5 tema 4 kami mengadakan kunjungan ke KPU Kabupaten Temanggung. Setelah kunjungan tersebut kami membagi

Dari 5 rombel keseluruhan peserta didik kelas XI diacak di jadikan 7 partai yaitu partai sawi, partai terong, partai labu, partai bayam, partai pare, partai tomat, dan partai kangkung.

Setiap partai berkoalisi sehingga munculah 3 nomor urut yang akan mengusung PASLON CAPRES DAN CAWAPRESS.

 

Kepala Sekolah Ibu Eni Nur Rofi'ah S.Pd. M.M. dalam sambutanya mengatakan bahwa:

"Dengan mengikuti kegiatan P5 ini, sesuai dengan tema “BANGUNLAH JIWA RAGANYA" juga "SUARA DEMOKRASI" dengan alur tahap kurikulum merdeka,  semoga SMA Muhammadiyah 1 Temanggung dapat mencetak generasi muda penerus bangsa yang kuat baik jiwa dan raganya.

 

Kuat jiwanya kita bekali peserta didik Dengan santapan rohani secara rutin dan kontinu juga ditambahkan dengan wawasan kebangsaan juga cinta tanah air dengan belajar sungguh-sungguh untuk meraih cita-cita mereka.

kuat raganya kami bekali mereka dengan kegiatan senam kreasi melatih kedisiplinan gotong royong, saling menghormati antar anggota kelompok, saling ketergantungan positif, dan bersosialisasi guna pencapaian tujuan bersama.


Sedangkan sambutan ketua Proyek Ibu Umi Chulifah S.Pd. mengatakan Kegiatan Pembelajaran P5 ini dilaksanakan secara sistem blok, bagi peserta didik kelas X dilaksanakan selama 3 minggu, sedangkan bagi peserta didik kelas XI dilaksanakan selama 2 minggu. Dimulai dari kegiatan pembukaan, sosialisasi, perencanaan, aksi nyata, sampai gelar karya, refleksi dan penutup baik kelas X dan kelas XI.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh kelas X  yang di bagi dalam 17 kelompok dengan nama gerakan dalam senam agar seluruh peserta didik mengenal dan mempraktikkan gerakan-gerakan tersebut

Kegiatan ini juga di ikuti oleh Guru Mata pelajaran, tenaga pendidikan dan Komite Pembelajaran SMA Muhammadiyah 1 Temanggung Tahun Ajaran 2023/ 2024. 

 

Peran serta baik pendidik, dan peserta didik kelas XII juga tenaga pendidik adalah selain menjadi masyarakat umum dalam pencoblosan atau pemilu, mereka juga mengunjungi stand gelar karya dan menyaksikan  gelar aksi pertunjukan senam kreasi dari masing-masing kelompok.

  

Kemudian memberikan apresiasi dan penilaian atas hasil karya P5 dari kelas X dan XI sebagai bagian dari evaluasi untuk pengembangan kegiatan P5 pada tahap yang berikutnya. (ARIESTA/SFN190923)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar