res

Kecelakaan Maut! Tabrak 4 Mobil – 20 Motor di Bawen Semarang, Polisi Tetapkan Sopir Truk Jadi Tersangka - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar PT Cakrawala Merdeka Mediatama Group Mengucapkan Selamat Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2024

Breaking

25 September 2023

Kecelakaan Maut! Tabrak 4 Mobil – 20 Motor di Bawen Semarang, Polisi Tetapkan Sopir Truk Jadi Tersangka



Semarang – Cakrawalaonline, Polisi menetapkan sopir truk yang menyebabkan kecelakaan maut di exit Tol Bawen, Kabupaten Semarang, sebagai tersangka. Sopir truk itu diketahui hanya memiliki SIM A bukan SIM B.
Dirlantas Polda Jateng Kombes Agus Suryo Nugroho mengatakan sopir truk bernopol AD 8911 IA bernama Agus Riyanto (44) itu sudah ditetapkan sebagai tersangka. Unsur kelalaiannya yaitu terkait pengereman yang saat ini masih didalami penyidik lalulintas.

"Gelar perkara sudah kita laksanakan dan kita sudah menetapkan sebagai tersangka, jadi sopir tronton jadi tersangka," kata Agus usai acara latihan Sispamkota di sirkuit Mijen Kota Semarang, Senin (25/9/2023).

"Letak kelalaian terkait fungsi rem. Ini sedang diperiksa," imbuhnya.

Ia juga membenarkan sopir truk tersebut seharusnya memiliki SIM B2 untuk mengemudi kendaraannya. Namun hingga kini tersangka baru memiliki SIM A.

"SIM-nya SIM A harusnya B2. Ini juga pelanggaran. Sementara adminstrasi begitu," ujar Agus.

Selain kepada sopir, polisi juga akan memanggil perusahaan angkutan dari truk tersebut. Pendalaman dilakukan terkait perawatan kendaraan, karena jika ada kelalaian dalam perawatan maka pihak perusahaan juga akan dijatuhi hukuman.

"Penyidik lantas akan kembangkan over dimensi juga.Akan kita lihat apakah dimensi (truk) melebihi. Termasuk juga korporasi, jadi CV, pengusaha, manajemen bertanggung jawab terhadap kondisi kendaraan apakah maintenance-nya bagus atau tidak dilakukan. Ini bisa dipidanakan," jelas Agus.

"Nanti kalau betul maintenance tidak rutin nanti bisa cabut operasional," tegasnya.

Sebagai informasi, truk tersebut mengalami rem blong di Jalan Provinsi Semarang-Solo tepatnya pertigaan di exit tol Bawen, Kabupaten Semarang hari Sabtu (23/9) malam lalu. Truk menghantam motor dan mobil yang saat itu berhenti di traffic light. Tiga orang tewas dan 26 luka-luka dalam tragedi itu. Cl – Sumber : Detik Jateng


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar