res

Jamaah Masjid Aolia Panggang Gunungkidul Makin Kompak Beribadah - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar Redaksi Cakrawala Media Group Mengucapkan Selamat Hari Raya Idhul Fitri 1 Syawal 1445 H

Breaking

31 Oktober 2023

Jamaah Masjid Aolia Panggang Gunungkidul Makin Kompak Beribadah

DIY, GUNUNGKIDUL - Cakrawalaonline, Keluarga Besar Pondok Pesantren Aolia Panggang saat ini di bulan Oktober 2023 Telah   melaksanakan salad jumat di masjid Aolia. Itu karena sebelumnya di musim pandemi Covid 19  hingga tahun 2022  keluarga jamaah Islam Ponpes Aolia tidak menempati masjid atau tidak berkumpul atau berkerumun. Hal itu karena patuhnya orang pondok terhadap aturan pemerintah.

Tetapi mulai bulan September 2023 ini orang pondok telah sadar bahwa ibadah jalan terus sesuai aturan yang berlaku bagi mereka. Sehingga untuk beribadah bagi orang pondok tetap mendekat pada Tuhan. Salad lima waktu dan salat jumat harus dilaksanakan berjamaah  baik dirumah atau di gedung maupun di masjid Aolia. Bahkan jamaah pimpinan KH Ibnu Hajar Sholeh Pranolo atau kyai besar pimpinan pondok pesantren Aolia Panggang Gunungkidul.

Akhirnya untuk mengurangi kepadatan pengunjung dan menjaga jarak ibadah itu jamaah pondok mengadakan salad jumat di rumah besar pak kyai dan di masjid pak kyai. Sehingga Pondok Pesantren Aolia semakin tumbuh besar dengan peserta dari semua penjuru bumi ini. 

KH Ibnu Hajar yang sering dibilang kyai tertua dan serba bisa selalu dicari para muridnya untuk serong reuni di Ponpes Aolia Panggang Gunungkidul DIY. Pengajian tiap hari, tiap malam maupun tisp minggu, dua minggu atau bulanan sesuai kelompoknya hingga kini jalan terus rutin dilaksanakan. Itu semua yang menyebabkan jamaah masjid Aolia semakin besar dan kondang serta dibutuhkan oleh alumni dan para generasi. 

"Jamaah masjid Aolia Panggang Gunungkidul DIY September 2023 setelah Pandemi Covid19 Makin Kompak," ungkap KH Ibnu Hajar Shaleh Pranolo ( kyai Panggang atau Syeh Dwi Tunggal) itu.

(Siti Marfuah/Sab)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar