res

Kph Empang riwo operasan lapangan turun lokasi Desa Riwo dan mbumbu Kec.Woja - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar PT Cakrawala Merdeka Mediatama Group Mengucapkan Selamat Hari Bhayangkara ke 78,1 Juli 2024

Breaking

Cakrawala Online Hari ini

Polres Lahat Melaksanakan Penyembelian Hewan Qurban 1445 H tahun 2024 masehi

01 Oktober 2023

Kph Empang riwo operasan lapangan turun lokasi Desa Riwo dan mbumbu Kec.Woja

 


Dompu - Cakrawalaonline, Hari Selasa sabtu September 2023 anggota KPH Ampang Riwo yang dipimpin langsung oleh Kepala BKPH Ampang Riwo FARUK, S. Hut, M.M.Inov bergerak patroli untuk menyelamatkan sisa-sisa hutan dari kegiatan pembabatan dan perladangan liar yang dilakukan oleh oknum masyarakat yg serakah akan kehancuran hutan. Kegiatan seperti ini sudah sering kali dilakukan untuk memutus mata rantai perambahan hutan.


Dalam hal ini peduli lingkungan yang juga aktivis,  melihat sendiri betapa kompaknya rekan-rekan anggota KPH Ampang Riwo melakukan operasi  ke lokasi untuk melakukan pencegahan dan meminimalisir terjadinya perambahan hutan, Perladangan liar dan ilegal logging serta perluasan areal perambahan dalam kawasan hutan, dan saya berharap penuh kegiatan seperti ini terus dilakukan untuk memberikan efek jera dan efek sadar bagi para pelaku perambahan hutan ujar salah satu pemerhati lingkungan sekaligus Ketua Lembaga Pengkajian Kebijakan Daerah (LPKAD) Kabupaten Dompu MULIADIN, SH. 


Patroli/operasi yg di mulai dari Desa Mumbu tepatnya di Dam/Embung Tonda   Sabtu 30-September 2023 kemarin di mulai dari jam 9.00 WITA sampai menjelang sore menemukan beberapa masyarakat yg telah melakukan kegiatan peladangan liar dlm kawasan hutan. Ditanya kepada salah seorang anggota Polhut Senior KPH Ampang Riwo yg bernama Nasrul Agus, biasa disapa om Nas menjelaskan bahwa kegiatan tersebut adalah kegiatan rutin yg dilakukan oleh anggota KPH Ampang Riwo dlm menyelamatkan hutan  dan menemukan oknum masyarakat yg melakukan kegiatan perusakan hutan. Di samping itu juga petugas melakukan pendekatan secara humanis dan persuasif melalui penyuluhan dan sosialisasi yg baik guna memberitahukan kepada masyarakat agar kiranya utk tidak melakukan kegiatan pengggundulan hutan lagi guna utk menjaga kelangsungan hidup bagi mahluk yang ada di bumi dan menjaga kelestarian alam.


Sebelum dilakukan giat patroli dalam kawasan hutan, Personil BKPH Ampang Riwo menyambangi Pemerintah Desa Mumbu untuk berkoordinasi dan mensosialisasikan pentingnya menjaga hutan. Dalam hal ini diterima langsung oleh Sekertaris Desa Mumbu dan Staf serta Perangkat nya (Kaur dan Kadus).




Kegiatan patroli rutin ini juga tidak hanya dilakukan di Desa Mumbu Kecamatan Woja saja, namun seluruh wilayah pemangkuan BKPH Ampang Riwo.


Untuk diketahui juga, beberapa Minggu yang lalu (sekitar bulan Agustus 2023) lalu sebelum kegiatan patroli ini dilakukan, Tim BKPH Ampang Riwo berhasil mengamankan 2 (dua) unit mesin chainsaw yg sedang melakukan penebangan pohon/perambahan hutan namun pelaku berhasil melarikan diri. Dan saat ini BB tersebut sudah diamankan di Kantor BKPH Ampang Riwo.


Polhut Senior KPH Ampang Riwo Nasrul Agus atau biasa dipanggil Om Nas berharap, ada kesadaran tinggi dari masyarakat untuk tidak melakukan perambahan dan memperluas areal kawasan hutan. Dan berharap ada stakeholder lainnya yg ikut partisipasi dalam menyelamatkan hutan. Karena memang fungsi hutan sangat banyak bagi umat manusia seperti menghasilkan udara/oksigen yang segar, penyediaan  mata air,  penahan banjir , serta tempat hidup dan habitat bagi makhluk hidup lainnya ujar Kph empang Riwo, 30/9/23.(zun).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar