res

DPRD Pemalang Gelar Rapat Paripurna Dengan 3 Agenda - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar PT Cakrawala Merdeka Mediatama Group Mengucapkan Selamat Hari Bhayangkara ke 78,1 Juli 2024

Breaking

Cakrawala Online Hari ini

DPRD Pemalang Gelar Rapat Paripurna ''Penyampaian Raperda Pertanggungjawaban''

07 November 2023

DPRD Pemalang Gelar Rapat Paripurna Dengan 3 Agenda

Pemalang - Cakrawala Online, Senin(6/11), DPRD Kabupaten Pemalang menggelar Rapat Paripurna dengan 3 Agenda sekaligus.

Ketiga Agenda tersebut, antara lain: Pertama; Persetujuan Raperda APBD Kabupaten Pemalang Tahun Anggaran 2024, Kedua; Penetapan Raperda Propemperda Tahap I Tahun 2023, Ketiga; Pandangan Umum dan Pembentukan Pansus Raperda Propemperda Tahap II Tahun 2023.

Rapat Paripurna dengan 3 Agenda tersebut dipimpin langsung Ketua DPRD Kabupaten Pemalang; Tatang Kirana(PDIP), didampingi Wakil Ketua I; Ajeng Triyani(PKB),  Wakil Ketua II; Khodori(PPP), Wakil Ketua III; Rois Faisal(Partai Golkar), dan dihadiri Bupati Pemalang; Mansur Hidayat, Sekda; Heriyanto, para anggota dewan, kepala/plt. OPD, Camat, Direktur BUMD, serta undangan lainnya.

Setelah dinyatakan memenuhi Kuorum, Ketua DPRD Kabupaten Pemalang; Tatang Kirana, membuka secara resmi Rapat Paripurna.

Setelah dibuka, dilanjutkan melaksanakan Agenda Pertama yakni: Persetujuan Raperda APBD Kabupaten Pemalang Tahun Anggaran 2024 dengan diawali pembacaan laporan dari Badan Anggaran yang menyatakan setuju.

Seusai pelapor membacakan hasil kerja Banggar, Ketua DPRD Kabupaten Pemalang; Tatang Kirana meminta persetujuan pada anggota dewan yang hadir apakah Raperda APBD Kabupaten Pemalang 2024 dapat diterima, dan dijawab para wakil rakyat dengan ucapan:''Dapat!''.

''Tok!'' Ketua DPRD Pemalang; Tatang Kirana pun mengetuk palu tanda persetujuan.

Dan kemudian, Ketua DPRD Kabupaten Pemalang; Tatang Kirana meneruskan Rapat Paripurna dengan Agenda Kedua Yakni: Penetetapan Raperda Propemperda Tahap I Tahun 2023.

Pelapor Pansus I dan Pansus IV membacakan hasil kerjanya dengan menyatakan setuju dengan Raperda yang diajukan.

Mendengar laporan dari Pansus I dan Pansus IV yang menyetujui Raperda tersebut diatas, Ketua DPRD Kabupaten Pemalang; Tatang Kirana, kembali meminta persetujuan pada para anggota dewan yang ada di ruang Paripurna, dan mendapat tanggapan bahwa para wakil rakyat yang hadir pada rapat paripurna itu menyatakan setuju.

Seusai mengetuk palu untuk kali kedua, Ketua DPRD Pemalang; Tatang Kirana, melanjutkan rapat paripurna dengan Agenda ketiga yaitu: Pandangan Umum Fraksi dan Pembentukan Pansus Raperda Propemperda Tahap II Tahun 2023.

Secara berurutan,   ke-Enam fraksi yang ada di DPRD Kabupaten Pemalang melalui Jubirnya masing-masing menyampaikan pandangan fraksinya.

Setelah ke-Enam Fraksi yakni: FPDIP, FPKB, FPPP, FPG, FP-Gerindra, dan FPKS mengemukakan pandangan umum fraksinya, Ketua DPRD Kabupaten Pemalang; Tatang Kirana men-Skorsing rapat paripurna selama 10 menit untuk memberikan kesempatan anggota DPRD membentuk Pansus I sampai Pansus IV.

Dan 10 menit kemudian, ketika rapat paripurna kembali dilanjutkan, telah terbentuk Pansus I sampai Pansus IV dengan Ketua dan anggota masing-masing.

Sesuai data yang diperoleh Cakrawala Online dari pihak DPRD Kabupaten Pemalang, untuk Ketua Pansus I dijabat; Nur Afna Istiqomah, Ketua Pansus II; Fahmi Hakim, Ketua Pansus III; Noor Rosyadi, dan Ketua Pansus IV; Nuryani.

Dalam rapat paripurna dilakukan penandatangaban danserah terima dokumen antara Bupati Pemalang; Mansur Hudayat dengan Ketua DPRD Kabupaten Pemalang; Tatang Kirana.

Saat memberikan sambutannya, Bupati Pemalang; Mansur Hidayat, mengucapkan terima kasih pada DPRD Kabupaten Pemalang yang telah menerima dan menyetujui Raperda APBD Kabupaten Pemalang Tahun Anggaran 2024 dan telah menetapkan Raperda Propemperda Tahap I Tahun 2023.

''Saya selaku Bupati Pemalang menyampaikan Apresiasi setinggi-tingginya pada DPRD Kabupaten Pemalang atas kerja kerasnya, sehingga Raperda APBD 2024 dapat diterima untuk diteruskan ke tahap selanjutnya dan saya mengucapkan terima kasih dengan telah ditetapkannya Raperda Propemperda tahao I tahun 2023 menjadi perda yakni: Raperda tentang Perseroda dan Raperda K3,'' Pungkas Mansur.

Setelah semua Agenda telah dilaksanakan, Ketua DPRD Kabupaten Pemalang; Tatang Kirana pun menutup rapat paripurna secara resmi.

(Reporter: slametsbl)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar