res

Kawasan Wisata Baru Salib Kasih Taput Resmi Buka - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar PT Cakrawala Merdeka Mediatama Group Mengucapkan Selamat Hari Bank Indonesia 5 Juli 2024

Breaking

25 November 2023

Kawasan Wisata Baru Salib Kasih Taput Resmi Buka

TAPUT - Cakrawalaonline, Pengembangan dan Pembangunan Daya Tarik Wisata Salib Kasih di Desa Simorangkir Julu Kecamatan Siatas Barita, resmi dibuka Rabu (22/11/2023). Turut mendapingi Bupati para Forkopimda Taput ,Staf Ahli Bupati, para Asisten Setdakab, pimpinan daerah Kabupaten Tapanuli Utara dan Ketua DPC HPI (Himpunan Pramuwisata Indonesia) Taput Melvi Novita Situmeang.

Adapun acara peresmian diawali dengan kebaktian singkat yang dipimpin oleh Pdt. Jeddin Sinaga, STh, dan peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati Taput Nikson Nababan.

Dalam arahannya Bupati Nikson Nababan menyampaikan bahwa Kabupaten Tapanuli Utara telah berupaya untuk lepas dari belenggu keterbatasan anggaran dengan berjuang untuk memperoleh dana dari Pemerintah Pusat yang diantaranya adalah melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang Kepariwisataan. 

“Puji Tuhan kita bisa hadir meresmikan tempat wisata baru di Tapanuli Utara. Saya juga menyampaikan apresiasi dan Terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Pusat yang dalam hal ini Kementerian  Pariwisata  dan  Ekonomi Kreatif yang telah berkenan mengalokasikan DAK fisik bidang Kepariwisataan pada tahun anggaran 2023 guna    pengembangan    kepariwisataan    di kabupaten tapanuli utara khususnya di dtw salib kasih pada tahun anggaran 2023 ini pembangunan melalui dana dak fisik bidang kepariwisataan  di  Kabupaten  Tapanuli Utara dilaksanakan di DTW Salib Kasih dengan melalui: pembangunan   gedung   pusat   kreasi destinasi pariwisata dan perlengkapannya; pembangunan       fasilitas      rekreasi penunjang kegiatan wisata; pembangunan fasilitas umum; pembangunan  fasilitas  aksesibilitas di kawasan salib kasih dan; pembangunan taman wisata olahraga.

Selanjutnya Bupati Nikson Nababan menyampaikan  pengembangan DTW Salib Kasih ini tentu saja tidah hanya berhenti sampai disini, pada tahun 2024 nanti kita juga akan membenahi dtw  salib  kasih  pada  area  monumen salib kasih agar tidak tertinggal melalui pembangunan  rumah  ibadah  yang diperindah dengan penataan lansekap disekitarnya dan berbagai rencana

"pengembangan lainnya sehingga nantinya DTW Salib Kasih ini dapat menjadi one stop tourism.  Kita  tentunya  berharap kolaborasi pentahelix (akademisi, pebisnis, pemerintah, komunitas, dan media) menjadi sistem bauran bagi tiap pihak untuk menyentuh  potensi  dalam  sektor pariwisata sehingga dapat membantu dalam mendorong perkembangan sektor pariwisata, berbagai hambatan teknis, seperti mahalnya harga tiket penerbangan, dapat dicarikan solusinya dengan melihat kepentingan yang lebih besar

Menutup arahannya Bupati Nikson Nababan menyampaikan agar tokoh Masyarakat, kepala desa dan Camat dari Kecamatan Siatasbarita dan para anggota Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Taput agar turut menyumbangkan ide untuk hal apa yang bisa dikembangkan di DTW Salib Kasih.

“Apa yang bisa dilihat, apa yang bisa di makan  dan apa yang bisa dibeli, ketiga hal itu saja yang perlu diterapkan agar tempat ini menjadi pilihan Masyarakat untuk menikmati liburan atau waktu senggang mereka. 

Dan pada kesempatan yang berbahagia ini, saya mengajak seluruh masyarakat untuk bersatu, bergotong- royong, memberikan sumbangsih, tenaga dan pikiran demi kemajuan Tapanuli Utara. Mari, mantapkan hati, dalam karya dan kolaborasi bersama membangun Kabupaten Tapanuli Utara berprestasi dalam segala bidang. Mari, pastikan derap langkah bersama dan sama-sama melangkah sambil bergandengan tangan untuk terus berkarya demi keberlanjutan pembangunan di Kabupaten Tapanuli Utara" tutup Bupati.

Dalam kesempatan sebelumnya Kepala Dinas Pariwisata Tapanuli Utara Sasma Situmorang dalam laporannya menyampaikan bahwa pengembangan dan pembangunan DTW Salib Kasih telah selesai. Adapun         pembangunan dimaksud yaitu : 1.   Pembangunan      fasilitasi      rekreasi penunjang  kegiatan  wisata  dengan Nilai kontrak   Rp. 3.900.609.902,61 Terdiri dari komponen satu unit menara pandang; lima unit kios kuliner; tiga unit kios souvenir; empat unit gazebo; plaza area dan plaza kuliner; serta bangku taman. 2.   Pembangunan fasilitas umum dengan nilai         kontrak         sebesar         Rp.1.197.131.433,61 Terdiri dari empat unit toilet dan kelengkapannya; serta plataran parkir. 3.   Pembangunan  fasilitas  aksesibilitas dengan  nilai  kontrak  sebesar     Rp.706.196.345,06 Yaitu aksesibilitas dalam kawasan, lampu taman, papan interpretasi, papan petunjuk arah 4.   Pembangunan taman wisata olahraga dengan          nilai          kontrak          Rp.2.797.957.204,28 Terdiri dari jogging track; jalur sepeda; skatepark; outdoor fitness; lapangan olahraga multifungsi serta jalur refleksi dan 5. Pembangunan gedung pusat kreasi destinasi pariwisata dan pengadaan perlengkapannya dengan nilai kontrak sebesar Rp. 5.530.379.036,28 

Selanjutnya disampaikan sebagaimana arahan dan juga bimbingan Bapak Bupati sehingga pada tahun anggaran 2024 Dinas Pariwisata Kabupaten Tapanuli Utara juga mendapatkan    DAK (Dana Alokasi Khusus)   fisik    sebesar    Rp. 7.930.365.000,00  Untuk penataan landscape; fasilitasi mitigasi bencana alam; fasilitasi kebersihan; fasilitasi rekreasi   penunjang   kegiatan   wisata; Fasilitas umum dan fasilitas aksesibilitas 

“Sebagaimana arahan dan bimbingan bapak Bupati untuk menjadikan DTW Salib Kasih sebagai One Stop Tourism kami senantiasa bekerja keras membuka komunikasi dengan para investor untuk membangun guest house yang ramah lingkungan tanpa menghilangkan nilai- nilai, norma, adat istiadat dan agama serta  membuat  wahan permainan  guna menambah daya tarik wisata di kawasan salib kasih. Kami juga harus bekerja semaksimal mungkin agar seluruh pembayaran di objek wisata yang dikelola oleh Pemda berbasis elektronik guna memaksimalkan pencapaian target PAD. Dan target kami pada tahun 2025 sektor pariwisata sudah maksimal dapat menyumbang pertumbuhan ekonomi masyarakat Kabupaten Tapanuli Utara,” tutur Kadis Pariwisata Taput.

Pada kesempatan tersebut salah satu tokoh Masyarakat Siatasbarita Bapak Jan Mangasa Simorangkir menyampaikan sambutannya.

“Pada kesempatan ini kami mengucapkan Terima Kasih yang setinggi-tingginya kepada Bapak Bupati yang kami kasihi, atas perhatian bapak akan sarana Pembangunan di tempat kami ini, kami mewakili Masyarakat Siatasbarita siap menindaklanjuti arahan pak Bupati, kami sangat bersyukur atas pembangunan DTW Salib Kasih ini. Untuk itu kami juga siap mendukung semua program dan cita-cita Bapak ke depannya,” ungkapnya. PS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar