res

Adu Kuat Tingkat Elektabilitas Capres 2024 dari Berbagai Survey - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar PT Cakrawala Merdeka Mediatama Group Mengucapkan Selamat Hari Bhayangkara ke 78,1 Juli 2024

Breaking

11 Desember 2023

Adu Kuat Tingkat Elektabilitas Capres 2024 dari Berbagai Survey

 

Jakarta – Cakrawalaonline,Tiga pasang calon (paslon) terus beradu elektabilitas sejak masa kampanye dimulai. Setidaknya, ada tiga lembaga survei yang menyigi elektabilitas ketiga paslon di awal kampanye.
Sebagaimana diketahui, kampanye dimulai pada 28 November 2023 sampai 10 Februari 2024. Kampanye akan digelar selama 75 hari.

Kemudian pada 11 Februari 2024-13 Februari 2024 masuk masa tenang, sehingga capres dan cawapres tidak boleh lagi berkampanye. Pemungutan suara akan dilakukan 14 Februari 2024.

Dinamika elektabilitas ketiga paslon pun terus bergulir. Elektabilitas ketiganya tercatat dalam tiga survei yang dilakukan oleh tiga lembaga survei.

Dirangkum detikcom, Minggu (10/12/2023) berikut ini elektabilitas tiga paslon selama awal masa kampanye.

1. Political Statistics (8 Desember 2023)
Yang pertama ada Lembaga survei Political Statistics. Dalam surveinya, tampak pasangan nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka unggul dibanding pasangan lainnya.

Adapun survei dilakukan pada 27 November-5 Desember 2023 terhadap 1.200 responden. Survei dilakukan melalui wawancara tatap muka oleh tenaga terlatih.

Populasi survei adalah warga negara yang sudah memiliki hak pilih yakni berusia 17 tahun. Survei ini dilengkapi dengan analisis media monitoring untuk mengukur sentimen publik terhadap para capres dan politik. Pemilihan sampel dilakukan melalui metode multistage random sampling. Margin of error survei ±2,8% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Peneliti Senior Polstat, Apna Permana, memaparkan elektabilitas Prabowo-Gibran unggul berada di angka 43,5%. Sementara pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md 27,2% dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) 25,8%.

"Hasil survei Polstat Indonesia mengindikasikan bahwa seandainya saat ini dilaksanakan Pilpres, bagian terbesar pemilih atau 43,5% responden menegaskan pilihannya pada Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Lantas sebanyak 27,2% responden menyatakan akan memilih paslon Ganjar Pranowo-Mahfud Md, diikuti oleh Anies-Cak Imin yang dipilih oleh 25,8% responden," kata Apna dalam pemaparannya secara virtual, Jumat (8/12/2023).

Berikut elektabilitas 3 pasangan capres dan cawapres versi survei Polstat:

-Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka 43,5%
-Ganjar Pranowo-Mahfud Md 27,2%
-Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 25,8%

Tidak tahu/tidak jawab 3,5%

Pemilihan sampel dilakukan melalui metode random sampling. Margin of error ±2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Dalam survei, responden diberikan pertanyaan 'Jika pemilihan presiden diadakan sekarang, siapa yang akan Ibu/Bapak pilih di antara pasangan nama berikut?'

Peneliti Utama Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi mengatakan suara Prabowo-Gibran mengalami kenaikan menjadi 45,8 persen. Sementara pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud Md mengalami penurunan.

"Pak Prabowo-Gibran itu sekarang 45,8 persen naik kurang lebih sekitar 5-6 persen dibanding bulan lalu. Sementara Mas Ganjar turun 4-5 persen dibanding bulan lalu. Mas Anies sedikit turun tapi kurang lebih stabil," kata Burhanuddin dalam paparannya, Sabtu (9/12/2023).

Burhan mengatakan saat ini belum dapat dipastikan pemilu berjalan dengan satu putaran. Namun ia meyakini, jika Prabowo-Gibran akan lolos ke putaran 2.

"Meskipun belum bisa dipastikan Pak Prabowo-Gibran menang satu putaran, tapi kalau terjadi putaran kedua, hampir bisa dipastikan Pak Prabowo-Gibran lolos putaran kedua," kata Burhanuddin.

Berikut hasil simulasi 3 pasangan berdasarkan survei Indikator Politik Indonesia:

Prabowo-Gibran: 45,8 Persen
Ganjar-Mahfud: 25,6 persen
Anies-Cak Imin: 22,8 persen
Tidak Tahu/ Tidak Jawab: 5,8 persen

3. LSI (10 Desember 2023)
Terbaru ada hasil survei dari Lembaga Survei Indonesia (LSI). Hasilnya, lagi-lagi paslon nomor urut 2 Prabowo-Gibran masih unggul di antara dua paslon lainnya.

Survei digelar selama 3-5 Desember 2023. Pemilihan sampel dilakukan melalui metode random digit dialing (RDD) dengan melibatkan sebanyak 1.426 responden.

Wawancara dengan responden dilakukan lewat telepon oleh pewawancara yang dilatih. Margin of error diklaim diperkirakan +- 2,6% pada tingkat kepercayaan 95% asumsi simple random sampling.

"Survei kami menemukan bahwa pasangan nomor 2 Prabowo-Gibran itu angka elektabilitasnya atau dukungan masyarakatnya ada di 45,6%. Kemudian disusul oleh Ganjar-Mahfud 23,8% hampir sama angkanya dengan pasangan nomor 1 Anies-Muhaimin yaitu 22,3%," kata Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan dalam konferensi pers secara virtual, Minggu (10/12/2023).

Djayadi membandingkan data elektabilitas per paslon dengan hasil survei sebelumnya pada Oktober. Menurutnya, paslon Prabowo-Gibran dan AMIN mengalami peningkatan suara, sedangkan Ganjar-Mahfud cenderung menurun.

"Angka-angka ini untuk Prabowo-Gibran cenderung mengalami peningkatan dibanding Oktober 2023. Anies-Muhaimin juga cenderung mengalami peningkatan dari Oktober 2023, sedangkan Ganjar-Mahfud cenderung mengalami penurunan dibanding Oktober 2023," ujar Djayadi.

Djayadi menyebut peningkatan suara Prabowo berasal dari masyarakat yang sebelumnya belum menentukan pilihan dan pemilih Ganjar yang bergeser.

"Jadi kita bisa menduga di sini bahwa, sementara yang menyatakan belum menjawab itu turun dari 18,3% ke 8,3%. Jadi, yang pada Oktober lalu belum menentukan pilihan, pada saat ini banyak pindah ke Prabowo. Dan sebagian dari kenaikan Prabowo itu berasal dari penurunan suara Ganjar. Sedangkan Anies tidak mendapatkan dampak negatif dari kenaikan suara Prabowo, malah mengalami kenaikan," kata dia.

Berikut hasil survei LSI terbaru:

Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming 45,6%
Ganjar Pranowo-Mahfud Md 23,8%
Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 22,3%
Tidak Tahu/Tidak Jawab 8,3%

Berikut hasil survei LSI pada Oktober:
Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming 35,9%
Ganjar Pranowo-Mahfud Md 26,1%
Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 19,6%
Tidak Tahu/Tidak Jawab 18,3%

Cl – Sumber : Detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar