res

Alasan Keamanan, KPU Trenggalek Rahasiakan Jumlah Kerusakan Surat Suara - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar Redaksi Cakrawala Media Group Mengucapkan Selamat Hari Jadi Kabupaten Grobogan ke 298

Breaking

Cakrawala Online Hari ini

DANDIM 1614/Dompu Bersama Anggota, Membubarkan Massa Pemblokir Jalan

23 Januari 2024

Alasan Keamanan, KPU Trenggalek Rahasiakan Jumlah Kerusakan Surat Suara

 

foto : Tribun Mataram

TRENGGALEK – Cakrawalaonline, KPU Kabupaten Trenggalek telah menyelesaikan tahapan sortir dan lipat surat suara untuk gelaran Pemilu 2024. Setidaknya ada lima jenis surat suara yang dilakukan sortir dan lipat, yaitu surat suara pemilihan presiden dan wakil presiden, lalu pemilihan DPR RI, DPD, DPRD Provinsi Jawa Timur, dan DPRD Trenggalek. Dalam tahapan tersebut, KPU mempekerjakan 100 orang warga sekitar untuk menyortir dan melipat surat suara untuk mendeteksi adanya kerusakan surat suara.


 Ketua KPU Kabupaten Trenggalek, Gembong Derita Hadi mengakui ada surat suara yang rusak, mulai dari robek hingga degradasi. Sayangnya, ia enggan membuka jumlahnya dan jenis surat suara apa yang paling banyak rusak.


"Kami tidak menyebut jumlah demi keamanan, kami sudah terbuka kepada semua pihak saat sortir lipat," kata Ketua KPU Kabupaten Trenggalek, Gembong Derita Hadi, Selasa (23/1/2024). Menindaklanjuti hal tersebut, KPU Trenggalek telah mengirimkan laporan ke KPU Provinsi Jawa Timur agar mendapatkan pengganti surat suara yang rusak.


 "Untuk barangnya (surat suara yang rusak), masih ada di sini dan kami menunggu proses berikutnya karena akan diganti oleh penyedia," jelasnya.


Tahapan selanjutnya, KPU Trenggalek akan melakukan setting packing surat suara per Dapil yang akan didistribusikan ke PPK di masing-masing kecamatan dengan kendaraan tertutup. "Jadi distribusinya akan kita setting dan packing per Dapil agar surat suaranya tidak tertukar," ucap Gembong. "Kami punya gudang di kecamatan yang akan dikoordinasikan dengan TNI Polri Satpol-PP, untuk pengamanannya," pungkasnya Cl – Sumber : Tribun Jatim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar