res

Menjelang Hari pers Nasional wartawan gadungan sibuk cari dana - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar PT Cakrawala Merdeka Mediatama Group Mengucapkan Selamat Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2024

Breaking

Cakrawala Online Hari ini

Balap Liar Ugal-ugalan Di Area Bendung Kletak Diangkut Petugas

30 Januari 2024

Menjelang Hari pers Nasional wartawan gadungan sibuk cari dana

 


Dompu - Cakrawalaonline, Hari pers Nasional belum di  bahas kapan dan di mana kita adakan kegiatan belum ada kepastian hukum, wartawan gadungan sudah mulai melakukan mencari dana, ini sebuah pernyataan salah satu kades yang baru di Lantik di  Kecamatan  Manggelewa, yang tidak perlu di sebut nama kadesnya kemaren 29_1_2024.

   Ketua PWI Kab.Dompu Nasrullah H.Syamsudin Memberikan pernyataan terkait dengan wartawan gadungan yang meminta uang dalam rangka hari pers Nasional diperingati  setiap tgl 9 Pebruari , namun tidak ada di momen ini harus di jadikan introspeksi diri bagi pengusaha pers, tidak benar adanya bila wartawan meminta minta untuk peringatan hari pers. Ketua PWI menyikap apakah sudah sesuai dengan peran dan fungsi pers , seperti yang di atur dalam UU no 40 thn 1999, tentang pers, karena di mana fungsi pers sebagai media informasi , pendidikan , hiburan, dan kontrol sosial . Disamping itu , fungsi pers nasional juga dapat berfungsi sebagai lembaga ekonomi jurnalis, atau wartawan sebagai lembaga profesi, dalam melaksanakan tugas harus patuh dan taat  kepada kode etik jurnalis( KEJ).

   Karena KEJ, menjadikan etika profesi jurnalis dan itu menjadi standar ketika tersangkut dengan urusan hukum.

    Ketua PWI Dompu Nasrullah menjelaskan kepada wartawan tindakan meminta- minta  apalagi disertai mengintimidasi , memeras dan lainya merupakan perbuatan kriminal, yang harus di tindak untuk memberikan efek jera . Apalagi membawa bawa nama wartawan yang memiliki tugas yang mulia. Yang mengumpulkan informasi yang akurat dan relevansi kemudian diolah menjadi sebuah berita dan di publikasikan melalui  medianya. 

   Persatuan wartawan Indonesia Kab.Dompu sebagai organisasi profesi wartawan, Kab.Dompu tidak pernah meminta anggotanya untuk meminta minta atau mengintimidasi orang lain agar di beri anggaran ," Tidak "! Dalam pelaksanaan kegiatan PWI Dompu, tetap mengedepankan cara  yang elegan dan cara yang dibenarkan dalam aturan, penjelasan ketua PWI Dompu Nasrullah 

Kapolsek Manggelewa Ipda Buhari Maha Putra SH, mengharapkan pada teman teman jurnalis, agar lakukan terbaik dalam dengan kades, koordinasi yang humanis, dalam bentuk kerjasama sehingga mitra kerja yang membangun Desa masa depan harapnya. (Zun).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar