res

Dampak Gempa Tuban, Bledug Cangkring Grobogan Muntahkan Lumpur Encer - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar PT Cakrawala Merdeka Mediatama Group Mengucapkan Selamat Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2024

Breaking

Cakrawala Online Hari ini

Babinsa ajak warga jaga stabilitas keamanan, Desa binaan.

23 Maret 2024

Dampak Gempa Tuban, Bledug Cangkring Grobogan Muntahkan Lumpur Encer

  


GROBOGAN – Radar Tujuh, Guncangan gempa bumi terasa dua kali di Grobogan, Jawa Tengah, Jumat (22/3/2024). Tercatat dua kali terasa gempa selama seharian. Alhasil, Bledug Cangkring yang satu kompleks dengan Bledug Kuwu pun memuntahkan lumpur encer berkandungan garam.

"Benar tadi sini (Grobogan) dua kali terasa gempa. Tapi gempa pada sore sekitar jam 4 sore lebih besar dan terasa mengagetkan," jelas Kepala Dinas Pariwisata Grobogan, Edy Santoso kepada MNC Portal Indonesia (MPI). Usai gempa kedua, mantan Kepala Dinas Sosial ini menyebutkan bahwa ada luapan lumpur encer cukup besar. Luapan lumpur yang biasanya disebut baby vulcano ini menjadi sorotan warga dan pengendara. Meski demikian, Edy mengaku bahwa kejadian tersebut lumrah terjadi. "Iya muntahan lumpur muncul tapi di lubang Bledug Cangkring bukan di lubang Bledug Kuwu total. Itu (muntahan lumpur) biasa terjadi usai terjadi gempa. Bukan hal mengejutkan atau menakutkan, lumrah dan biasa terjadi," lanjutnya.

Sementara itu saat ditanya apakah aktivitas lumpur muntahan akibat gempa ini sering terjadi, Edy memastikan bahwa rentan waktu 2024 ini baru sekali. Namun, jika ada gempa dan terasa di Kabupaten Grobogan dengan SR tertentu akan membuat lubang bledug memuntahkan lumpur.

"Kalau pas gempa pasti ada luapan. Tapi tidak di semua lubang bledug muntah. Hanya beberapa atau salahsatunya saja," terang Edy. Tak hanya luapan lumpur encer yang mengandung kandungan garam besar. Luapan lumpur menurut catatan Dinas Pariwisata juga terjadi dengan bentuk lumpur kental atau beserta material berat lain baik tanah atau kandungan lain. Luapan ini, lanjut terang Edy, merupakan bentuk dari adanya lubang yang menghubungkan Bledug Kuwu dan lainnya terhubung ke lautan baik Pantai Utara maupun Pantai Selatan. "Itu bentuk adanya lubang yang membawa material air laut dan membawa lumpur hingga muntah di lubang bledug yang ada di Kabupaten Grobogan ini," pungkas Edy. VT - Sumber : Sindo News

Tidak ada komentar:

Posting Komentar